Jusuf Kalla Buka Jumbara PMR IX di Lampung, Begini Pesannya

Jusuf Kalla Buka Jumbara PMR IX di Lampung, Begini Pesannya

KABARINDO, LAMPUNG -  Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) membuka secara resmi kegiatan Kumpa Bakti Gembira palang Merah Remaja (Jumbara PMR) Nasional IX tahun 2023 di Lampung Selatan, Selasa, 4 Juli 2023. Pembukaan ditandai dengan pemukulan cetik di hadapan sekitar 4000 kontingen Jumbara PMR dari 34 provinsi se Indonesia dan perwakilan negara-negara sahabat.

Dalam sambutannya, JK menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta kegiatan tersebut. "Selamat datang anak-anakku. Di hari-hari libur ini kalian datang ke tempat ini dengan semangat keberanian, kemampuan membahas dan belajar dan tentu bekerja untuk kemanusiaan," kata JK di Stadion Jati Kalianda, Lampung Selatan, Bandar Lampung.

JK juga mengapresiasi peserta Jumbara dari seluruh tingkatan tersebut karena ikut dalam kegiatan yang nantinya akan menjadi pengalaman yang bermanfaat. Pasalnya, kegiatan tersebut menjadi ajang untuk bergaul menjaga persahabatan, belajar dengan sesama manusia.

"Ini penting untuk memulai pengalman menuju upaya kader-kader kemanusiaan yang akan memimpin aksi kemanusiaan di masa depan," tambah Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) tersebut.

JK menambahkan, pengalaman mengikuti Jumbara tentu akan sangat terasa manfaatnya. Bahkan bisa melebihi pengalaman yang didapatkan di sekolah. Seperti meningkatkan keterampilan, berpengalaman hidup dengan sehat serta nantinya akan memberikan pengalaman ini kepada relawan PMR yang tidak sempat ikut dalam kegiatan ini.

Sedikitnya 4.000 peserta hadir dalam kegiatan tersebut. Hal itu menandakan bahwa Indonesia adalah bangsa besar. Olehnya itu, Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 itu mengingatkan, jika hanya bangsa yang besar dan bersatu yang bisa maju.

Dengan demikian, JK berharap, agar seluruh peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan bersungguh-sungguh. Bagi JK, kegiatan itu bisa menjadi modal besar untuk mengabdi ke masyarakat dengan sebaik-baiknya serta untuk kemanusiaan.

"Harapan saya, tentunya kita ingin menghasilkan generasi muda yang mengerti tentang upaya perdamaian, kemanuisaan dan sebagainya," katanya lagi.

Sementara itu,kegiatan Jumbara PMR ke IX, dipusatkan di Taman Agro Wisata Way Handak, Kalianda. Kegiatan ini berlangsung selama 10 hari, mulai dari 1-9 Juli 2023. Kegiatan ini diklaim akan dihadiri 4.000 kontingen dari 34 Provinsi se-Indonesia serta 52 orang kontingen yang berasal dari 12 negara sahabat.Foto: Istimewa