Kemenparekraf Dukung Pengembangan SDM Kuliner di Jawa Tengah

Kemenparekraf Dukung Pengembangan SDM Kuliner di Jawa Tengah

KABARINDO, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MenparekrafSandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi program yang dijalankan siap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dalam mengembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lokal.

“Kami mengapresiasi program-program yang dijalankan Pemprov Jawa Tengah dalam mengembangkan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama dalam meningkatkan kapasitas SDM,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat menerima kunjungan Wakil Gubernur Jawa Tengah (JatengTaj Yasin di Jakarta, Jumat (17/12/2021).

Sandiaga Uno kemudian mengatakan bahwa Kemenparekraf memiliki enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) yang diharapkan bisa menunjang SDM di Jateng.

"Karena memang lulusan SMK (pariwisata) yang ada saat ini membutuhkan 'sentuhan' lebih untuk dapat segera terserap di industri," ungkap Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga: Presiden Jokowi Jatuh Cinta Motif Kayu Jati dan Penari Tayub

Selanjutnya, Kemenparekraf berencana menghadirkan travel pattern yang bisa menunjang lebih banyak kunjungan wisatawan ke Jateng.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Kabupaten Rembang di Jateng dinobatkan Kemenparekraf sebagai salah satu Kabupaten Kreatif untuk kategori subsektor kriya khususnya Batik Lasem.

"Kita sedang rencanakan aktivasi dari kabupaten kreatif itu, ada heritage travel pattern ke Rembang," ucap Menparekraf Sandiaga Uno.

Adapun Taj Yasin mengutarakan bahwa pada tahun 2019 Provinsi Jateng pernah mendapat penghargaan sebagai salah satu destinasi tujuan wisata ramah muslim sehingga hal tersebut akan terus dipersiapkan untuk dikembangkan.

Salah satu yang dipersiapkan yaitu keberadaan juru masak (chef) dengan standardisasi sesuai kebutuhan industri dengan mengadakan pusat pelatihan.

Sumber berita: Antara

Foto: Antara