Luhut Binsar Pandjaitan Kecam PPLN dari Kalangan Mampu yang Tak Mau Karantina Mandiri di Hotel

Luhut Binsar Pandjaitan Kecam PPLN dari Kalangan Mampu yang Tak Mau Karantina Mandiri di Hotel

KABARINDO, JAKARTA - Luhut Binsar Pandjaitan ingin menertibkan proses karantina mandiri bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang kembail ke Tanah Air, terutama dari kalangan orang kaya dan mampu.

Berdasar laporan Polda Metro Jaya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, masih ditemukan PPLN dari kalangan orang kaya yang pulang dari luar negeri enggan melakukan karantina mandiri di hotel (dengan dana pribadi) sesuai dengan aturan yang berlaku.

Mereka lebih memilih menjalani karantina mandiri di Wisma Atlet yang tak dikenai biaya alias gratis.

Temuan tersebut menjadi salah satu perhatian Luhut Binsar Pandjaitan saat menyampaikan pemaparan dalam rapat virtual terkait kebijakan PPKM di Indonesia pada Senin (20/12/2021).

Baca Juga: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang hingga 3 Januari 2022

"Kami tadi sudah meminta Polda Metro untuk melakukan razia di lapangan terbang Soekarno-Hatta. Ternyata banyak yang memberikan sebaran video itu," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tersebut. 

"Banyak yang belanja ke luar negeri, shopping, tetapi tidak mau karantina di hotel padahal dia bisa (membayar). Dia minta supaya dikarantina di Wisma Atlet karena gratis."

Pemerintah pun akan mengambil tindakan tegas terhadap pelaku perjalanan luar negeri tersebut. Luhut tak ingin kelakukan sejumlah PPLN itu menyebabkan penularan Covid-19 varian Omicron.

Koordinator PPKM Jawa-Bali itu juga meminta kerja sama semua lapisan masyarakat Indonesia untuk bisa mencegah penularan Covid-19, khususnya varian baru tersebut.

"Saya minta semuanya harus kerja sama. Semua rakyat Indonesia. Kita harus tunjukkan bahwa bangsa ini bisa kerja sebagai tim. Keadaan ini betul-betul memerlukan kerja sama kita semua," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Luhut Binsar Pandjaitan juga memastikan kasus pasien yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron hingga saat ini hanya ada satu kasus yang ditemukan di Wisma Atlet Jakarta.

Sementara tiga warga negara asing di Manado yang masuk dalam daftar suspect, berdasarkan hasil pemeriksaan terakhir, dipastikan tidak terpapar Covid-19 varian Omicron.

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara