Presiden Jokowi Resmi Lantik KSAD Baru Jenderal Maruli Simanjuntak

Presiden Jokowi Resmi Lantik KSAD Baru Jenderal Maruli Simanjuntak

KABARINDO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru yakni Maruli Simanjuntak. Upacara pengangkatan dilakukan dengan pengucapan sumpah jabatan.

Dalam acara pelantikan yang dilakukan di Istana Negara, Rabu (29/11/2023) itu juga dihadiri beberapa menteri seperti, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan lainnya.

Kemudian Keputusan Presiden mengenai pemberhentian dan pengangkatan KSAD dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan.

"Memutusan, menetapkan dan seterusnya memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Agus Subiyanto dari jabatannya sebagai KSAD disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasanya yang telah disumbangkan bangsa dan republik Indonesia," katanya.

"Kedua mengangkat Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai KSAD," sambungannya.


Presiden Jokowi Lantik Kepala Staf Angkatan Darat, Istana Negara, (29/11/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Foto: Presiden Jokowi Lantik Kepala Staf Angkatan Darat, Istana Negara, (29/11/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)


Selanjutnya dilanjutkan penyematan tanda jabatan KSAD oleh Presiden Jokowi, dan dilanjut pengambilan sumpah Jabatan.

Diketahui Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Selain itu Menantu dari Menanti Menkomarves Luhut ini juga pernah menjadi anggota Kopasus dari Detasemen Tempur Cakra.

Maruli merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1992 juga pernah menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama Surakarta. Melalui masa jabatannya ini ia juga pernah meraih penghargaan Danrem terbaik.