PSSI Pastikan Jordi Amat Tidak Salahi Aturan FIFA, Begini Penjelasannya

PSSI Pastikan Jordi Amat Tidak Salahi Aturan FIFA, Begini Penjelasannya

KABARINDO, JAKARTA - PSSI angkat bicara terkait dengan kabar terkendalanya proses naturalisasi Jordi Amat karena aturan FIFA.

Hal tersebut diungkap oleh anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani.

Hasani menjelaskan bahwa pada awalnya memang sempat ada keraguan dari PSSI karena Jordi Amat sempat bermain untuk timnas U-21 Spanyol di usia 22 tahun pada 2014 lalu.

Hal itu lantas menjadi pertanyaan karena berdasarkan aturan FIFA, pemain di atas 21 tahun yang pernah membela timnas anggota FIFA tidak diizinkan untuk pindah ke timnas lain.

Masalah itu ini mengacu dalam aturan FIFA Artikel 9 tentang Perpindahan Federasi di dalam Regulations Governing the Application of the Statutes di Statuta FIFA 2020.

“Jordi Amat terakhir bermain itu sudah umum 22 pada tahun 2014,” ujar Hasani Abdulgani dikutip dari Bolasport.com.

Terkait hal itu Hasani menjelaskan bahwa pihaknya telah mengontak lawyer di Eropa untuk membantu menanyakan ke FIFA terkait status Jordi Amat nantinya. 

“Tadi pagi masuk email dari lawyer kami, dia mengatakan bahwa pendapat yang diberikan oleh tim legal PSSI itu benar sekali. Tapi pendapat itu, pasal itu adalah pasal amandemen yang diberilakukan oleh FIFA sejak tahun 2020.”

“Itu ada amandemennya di artikel 9 itu yang mana pemain yang berumur 21 tahun ke atas tidak boleh lagi pindah federasi."

"Tapi diberi catatan oleh lawyer tersebut, menurut FIFA, apabila pemain itu bermain sebelum tahun 2020, pasalnya tidak berlaku," tambah Hasani.

Tidak Menyalahi Aturan

Melihat pesan dari lawyer tersebut, Hasani menegaskan bahwa Jordi Amat tidak akan menyalahi aturan FIFA.

“Ada buku lain yang mejelaskan tentang memperkuat ini yang dikatakan FIFA melalui lawyer kami. Ternyata yang dibaca aturan terakhir," kata Hasani.

BACA JUGA: Tingkatkan Daya Saing Produk, Kemenkop Ingin Startup Terjun ke Rantai Pasok Global

"Dia tidak mengetahui bahwa ada aturan sebelumnya, dan yang dibaca ternyata yang buat tahun 2020, sedangkan tidak ada hukum yang jalannya mundur kebelakang kan.”

“Apabila kita menarik pemain setelah tahun 2020, itu baru kena yang dimaksud oleh tim legal dengan pasal itu tadi. Jadi untuk itu clear, tidak ada masalah untuk Jordi Amat dan aman sudah.”

Lebih lanjut, Hasani juga mengungkap bahwa tim legal PSSI sudah dapat konfirmasi dari federasi sepak bola Spanyol yang menyatakan Jordi Amat terakhir kali bermain di timnas U-21 Spanyol pada 2014.

Bahkan tim PSSI dapat konfirmasi langsung dari federasi Spanyol terkait Jordi Amat yang memang belum pernah bermain untuk timnas senior mereka.

Sumber/Foto: Bolasport