PSSI Uji Coba Hadirkan Penonton di Babak 8 Besar Liga 2 2021

PSSI Uji Coba Hadirkan Penonton di Babak 8 Besar Liga 2 2021

KABARINDO, Jakarta - PSSI dan PT LIB akan melakukan uji coba menghadirkan penonton pada babak 8 Besar Liga 2 2021.

Partai 8 besar Liga 2 2021 yang rencananya akan dimulai 15 Desember mendatang bakal disaksikan oleh penonton.

Dua stadion, yakni Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, dan Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, terpilih sebagai venue untuk menggelar babak delapan besar Liga 2 2021.

Delapan tim yang mengikuti babak delapan besar Liga 2 adalah PSIM Yogyakarta, Persis Solo, Sulut United, Persiba Balikpapan, Sriwijaya FC, PSMS Medan, Dewa United, dan Rans Cilegon FC

Sesuai instruksi terbaru yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), ada poin yang mengatur soal uji coba kehadiran penonton sepak bola di stadion.

Tak hanya di Liga 2, nantinya penonton juga akan diberi izin untuk menyaksikan pertandingan Liga 1 2021-2022.

"Karena ini sifatnya uji coba, maka yang akan hadir sifatnya masih undangan. Ini juga untuk persiapan Seri 4 Liga 1 2021-2022 di Pulau Bali yang juga ada penonton,’’ kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. 

Iriawan beserta jajaran juga telah bertemu dengan Menpora, Zainudin Amali, untuk menginformasikan uji coba laga dengan penonton ini pada Senin (6/12/2021).

Dalam pertemuan dengan Menpora, hadir juga Waketum PSSI Iwan Budiantio, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita, dan Direktur Operasional PT LIB Sudjarno.

Dalam uji coba dengan penonton ini yang akan hadir adalah suporter dengan kuota sebanyak 100 orang per klub; pejabat pusat dan daerah; sponsor dan partner klub dengan kuota sebanyak 10 orang per sponsor.

Kemudian kuota sebanyak 50 orang diberikan untuk sponsor kompetisi. Official broadcaster mendapatkan kuota sebanyak 10 orang per partner.

“Kami baru saja membahas tentang persiapan kompetisi sepak bola yang akan dimulai dengan penonton. Karena ini merupakan tahap awal, maka akan dilakukan uji coba terlebih dahulu,” kata Menpora Zainudin Amali.

Menpora Amali menegaskan pada tahapan uji coba awal ini bentuknya undangan kepada para klub dan jumlahnya masih sangat terbatas. 

"Yang kami lakukan hari ini adalah diskusi persiapan, nanti beberapa hari ke depan saya akan mengundang rapat dari pihak Kepolisian, BNPB, Satgas Covid-19 dan Kementerian Kesehatan. Dan tentu kita koordinasikan dengan penanggung jawab PPKM wilayah Jawa dan Bali karena ini dilakukan di Pulau Jawa," Amali melanjutkan.

Salah satu protokol kesehatan yang dilakukan dalam uji coba ini yakni menempatkan beberapa pihak untuk menjaga arus penonton pada saat mereka datang dan keluar. 

Selain itu, karena ada dua pertandingan dalam satu hari, PT LIB akan membuat jarak antara satu pertandingan dan pertandingan yang lainnya.

“Jangan sampai nanti ada satu benturan, harus ada yang masuk keluar karena bagaimanapun ini menjadi pertimbangan utama. Jangan sampai ada kerumunan di stadion yang mengakibatkan ada satu hal yang tidak kita inginkan," ucap Akhmad Hadian Lukita.

Sumber Berita: PSSI

Foto: PSSI