Sirkuit Mandalika Diminta Berbenah, Ini yang Akan Dilakukan Sandiaga Uno

Sirkuit Mandalika Diminta Berbenah, Ini yang Akan Dilakukan Sandiaga Uno

KABARINDO, JAKARTA - Evaluasi langsung digelar setelah Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB digunakan untuk tes pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari lalu.

Salah satu hasil dari evaluasi adalah munculnya rekomendasi dari pihak FIM dan Dorna Sports yang meminta sejumlah area di Sirkuit Mandalika untuk diaspal ulang.

Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku panitia lokal balapan MotoGP di Indonesia pun menyanggupi hal tersebut.

Menurut rencana, proses pengaspalan ulang yang bakal dikerjakan oleh PT PP (Persero) Tbk itu bakal selesai seminggu sebelum MotoGP Indonesia 2022 digelar pada 18-20 Maret mendatang.

Baca Juga: Evaluasi Dorna Pasca Uji Coba MotoGP di Mandalika

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menaungi ITDC pun bakal segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memperlancar proses pembenahan Sirkuit Mandalika.

“Kami akan berkoordinasi dengan Menteri BUMN untuk memastikan PT PP dan ITDC dapat segera menyelesaikan pembenahan trek. Diharapkan, proses resurfacing dapat selesai sebelum 11 Maret 2022," kata Sandiaga Uno, pada Selasa (15/2/2022).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu mengeklaim bahwa para pembalap sebenarnya sudah cukup puas dengan setting Sirkuit Mandalika. Hanya saja, pengaspalan ulang ini harus tetap dilakukan untuk memenuhi aspek keamanan pembalap.

Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika, Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, pun telah mengonfirmasi adanya rencana pengaspalan ulang di beberapa titik Sirkuit Mandalika.

"Setelah pramusim dilakukan, pihak Dorna Sports menyampaikan hasil review dengan beberapa hal yang perlu disempurnakan sebelum ajang puncak MotoGP digelar," kata Hadi Tjahjanto.

"Salah satunya (yang disorot) adalah kondisi aspal di tikungan 1 dan tikungan 17."

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara