Sudah 2 Hari, 30 Hektar Hutan Jati di Mamuju Ludes Terbakar

Sudah 2 Hari, 30 Hektar Hutan Jati di Mamuju Ludes Terbakar

KABARINDO, MAMUJU - Sudah dua hari api membakar hutan jati di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Akibatnya, 30 hektar lahan pun ludes terbakar.

Puluhan personel pemadam kebakaran bersama BPBD masih terus berupaya memadamkan kobaran api yang membakar semak belukar hingga Jumat malam (1/9/2023).

Kebakaran hutan jati terjadi di Desa Sumare dan Kelurahan Simboro, Kabupaten Mamuju, terus meluas hingga mendekati pemukiman dan membuat warga panik.

Kondisi lahan yang curam dan terjal menyulitkan pemadaman dilakukan dengan menggunakan mobil armada. Tim yang dikerahkan ke lokasi hanya mengunakan alat seadanya untuk memadamkan api. Itu pun sangat terbatas karena lokasi kebakaran menyebar di atas pengunungan.

"Medan cukup sulit karena kondisi lahan curam dan terjal. Tim juga kesulitan mendapatkan sumber air di sekitar lokasi," kata Kabid Damkar Mamuju, Randy.

Hingga saat ini, api masih tersebar di beberapa titik. Sementara titik api yang mendekati pemukiman warga sudah berhasil dikendalikan.

Untuk mengantisipasi semakin meluasnya kebakaran puluhan personel dari Damkar dan BPBD Mamuju masih terus melakukan pemadaman hingga malam hari.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran yang menghanguskan puluhan hektare hutan jati tersebut.