Tornado Porak-porandakan Bagian Tenggara AS

Tornado Porak-porandakan Bagian Tenggara AS
Tornado Porak-porandakan Bagian Tenggara AS

KABARINDO, AS - Serangkaian tornado telah melanda beberapa negara bagian Amerika Serikat pada Jumat (10/12) malam hingga Sabtu (11/12) malam, menewaskan puluhan orang dan meninggalkan jejak kehancuran di sepanjang jalur yang dilalui fenomena alam itu.

Pusat Prediksi Badai National Weather Service mengatakan telah menerima 36 laporan tentang tornado yang mendarat di Illinois, Kentucky, Tennessee, Missouri, dan Arkansas.

Gubernur negara bagian Kentucky Andy Beshear mengumumkan status darurat setelah setidaknya empat tornado mendarat semalam di Kentucky, menyebabkan kerusakan signifikan di lebih dari selusin ‘county’. 

"Saya khawatir ada lebih dari 50 orang tewas ... mungkin lebih dekat ke suatu tempat antara 70 dan 100, itu menghancurkan," kata Beshear pada hari Sabtu. Ia menyebut tornado itu sebagai yang "paling parah” dalam "sejarah Kentucky".

Beberapa kehancuran terburuk terjadi di Mayfield di Kentucky barat. Sekitar 110 orang berada di dalam pabrik lilin di daerah itu ketika tornado menerjang, merobohkan atap, kata Beshear.

Di media sosial tersebar foto dan video yang menunjukkan bangunan bata di pusat kota Mayfield menjadi puing-puing, dengan mobil yang diparkir hampir terkubur di bawah batu bata dan puing-puing.

Tornado utama dikabarkan menempuh jarak lebih dari 227 mil (365 km) melintasi negara bagian.

“Tampaknya ini akan menjadi peristiwa empat negara bagian, semua dari sistem yang sama, berasal dari Arkansas, melalui Missouri, Tennessee dan ke Kentucky,” kata direktur manajemen Darurat Kentucky Michael Dorsett.

Situasi di Negara Bagian Lain

Di Illinois, polisi mengatakan ada "kematian yang dikonfirmasi" setelah atap sebagian runtuh di gudang Amazon.com Inc di kota Edwardsville pada Jumat malam.

Pihak berwenang setempat menyatakan, hingga saat ini petugas penyelamat sedang mencari orang-orang yang masih terjebak di puing-puing gudang itu.

Rekaman drone dari gudang menunjukkan pemandangan kacau di pagi hari yang gelap, dengan ratusan kendaraan darurat di sekitar daerah itu, dan penyelamat dengan senter menyisir puing-puing.

Gubernur Illinois JB Pritzker berkata: "Doa saya bersama orang-orang Edwardsville malam ini." Ia menambahkan, "Polisi Negara Bagian Illinois dan Badan Manajemen Darurat Illinois berkoordinasi erat dengan pejabat setempat dan saya akan terus memantau situasinya," tambahnya.

Baca juga: 

Ribuan Rumah Mati Listrik Akibat Badai Barra

Puluhan Ribu Orang Masih Tanpa Listrik Akibat Badai Arwen...

Juru bicara Amazon Richard Rocha mengatakan “keselamatan dan kesejahteraan karyawan dan mitra kami adalah prioritas utama kami saat ini. Kami sedang menilai situasinya dan akan membagikan informasi tambahan jika tersedia.”

Sementara itu Dean Flener, juru bicara Badan Manajemen Darurat Tennessee, mengatakan tiga kematian terkait badai telah dikonfirmasi di barat laut negara bagian itu. Dua dari kematian terjadi di Lake county, dan yang ketiga di daerah Obion.

Sedikitnya satu orang tewas dan lima terluka parah ketika tornado menghancurkan atap sebuah panti jompo di Monette di Arkansas utara, media AS melaporkan.

Pejabat daerah Craighead, Marvin Day mengatakan kepada saluran berita lokal bahwa penyelamat telah berhasil mengeluarkan mereka yang terperangkap di dalam gedung dan strukturnya "cukup hancur". *** (Sumber: AP, Reuters, BBC, AlJazeera; Foto: AP)