Wapres RI KH. Ma'ruf Amin Rayakan HSN 2022 di Kantor Menkopolhuka

Wapres RI KH. Ma'ruf Amin Rayakan HSN 2022 di Kantor Menkopolhuka

KABARINDO, JAKARTA –Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dan tokoh melantunkan sholawat bersama memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada Sabtu22 Oktober 2022.

Acara tersebut digelar di kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Sejumlah menteri yang ikut hadir dan melantunkan sholawat diantaranya Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, dan sejumlah Bupati/Walikota.

“Alhamdulillah hari ini kita mengadakan peringatan Hari Santri di kantor Polhukam, ini untuk pertama kalinya karena Menko Polhukam juga santri,” ungkap Wapres dalam sambutannya.

“Dan yang luar biasa maulid dibaca oleh Gubernur Jatim, sholawat oleh Menko Polhukam dan juga Wapres, ini luar biasa,” sambung Wapres.

Wapres mengatakan peran santri diakui oleh negara sehingga kini ditetapkan menjadi Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober.

“Dan alhamdulillah memang peran santri di Indonesia diakui oleh negara sehingga ditetapkan oleh hari santri nasional,” Wapres.

Wapres mengungkapkan santri sejak sebelum Kemerdekaan Indonesia telah berperan untuk mengusir penjajah untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

'"Santri terus berkiprah sejak sebelum kemerdekaan mengusir penjajahan dan santri juga terlibat," ujar Wapres Ma'ruf.

"Kemudian juga mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kemudian tadi disebut lahirnya Hari Santri ditetapkan pada 22 Oktober,yaitu dengan lahirnya resolusi jihad dan terus berkiprah untuk mengisi pembangunan untuk Indonesia maju,” pungkasnya.