40 Hari Jelang Ramadan, Pemkot Jakbar Mulai Pantau Harga di Pasar

40 Hari Jelang Ramadan, Pemkot Jakbar Mulai Pantau Harga di Pasar

KABARINDO, JAKARTA - Jelang datangnya bulan suci Ramadan, Pemerintah Kota Jakarta Barat mulai melakukan pemantauan harga pangan di sejumlah pasar guna memonitor kenaikan harga.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat, Iwan Indrianto, menyebut operasi dilakukan serentak di beberapa pasar setiap pekan.

"Petugas kami melakukan pemantauan harga pangan di pasar setiap kecamatan," kata Iwan Indrianto pada Senin (21/2/2022).

Menurut Iwan Indrianto, beberapa bahan pangan berpotensi naik harga menjelang bulan Ramadhan. Salah satunya adalah harga daging sapi.

Baca Juga: Perajin Tahu-Tempe Mogok, Konsumen Langsung Rasakan Dampaknya

Saat ini, harga daging sapi di pasaran yang sebelumnya Rp125 ribu per kg disebut sudah naik sampai Rp140 ribu per kg.

Meski demikian, Iwan menyebut kenaikan harga itu masih wajar. Ia pun memperkirakan harga daging sapi tidak akan melampaui Rp150 ribu per kg.

Jika dalam pemantauah ditemukan harga daging sapi maupun bahan pangan lain naik secara drastis, Iwan bakal melaporkannya ke jajaran Dinas KPKP DKI Jakarta.

Nantinya, laporan itu akan jadi dasar bagi Dinas KPKP untuk menggelar pangan murah di beberapa pasar demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Nanti kewenangannya ada di Dinas KPKP, kami menyampaikan saja untuk bisa dilakukan gelar pangan murah," ia menjelaskan.

Sebagai informasi, tanggal 1 Ramadan tahun ini (1443 Hijriah) diperkirakan bertepatan pada 2 April 2022 atau sekitar 40 hari lagi.

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara