5 Tips Meredupkan Layar Laptop

5 Tips Meredupkan Layar Laptop

KABARINDO, JAKARTA – Tips meredupkan layar laptop dengan mudah sangat beragam. Layar laptop memiliki pengaturan gelap terang yang dapat dengan mudah untuk diatur sesuai keinginan pengguna.

Berbeda dengan layar handphone (hp) yang pengaturan cahayanya ada di menu depan, untuk mengatur pencahayaan laptop dapat dilakukan melalui monitor maupun keyboard.

Lantas, bagaimana caranya mengatur pencahayaan layar laptop dengan mudah? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan berikut ini.

1. Mengatur Kecerahan dari Monitor

Cara mudah meredupkan layar laptop adalah dengan mengatur tingkat kecerahan monitor melalui monitor langsung.

Umumnya, monitor PC (Personal Computer) Desktop memiliki tombol khusus untuk mengatur kecerahan. Tidak perlu repot, kamu hanya tinggal pencet tombol kecerahan untuk mengatur cerah tidaknya layar.

2. Gunakan Menu Personalize

Selain dengan menekan tombol kecerahan di area monitor, kamu juga bisa menggunakan menu Personalize. Memang, biasanya menu ini digunakan untuk mengganti wallpaper pada PC atau laptop.

Namun, kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mengatur kecerahan layar laptop kamu. Caranya sangat mudah, sebagai berikut ini:

- Langkah awal, masuk halaman Windows utama.

- Kemudian, klik kanan pada mouse.

- Setelah itu, klik personalize.

- Lalu, pilih display untuk mengatur kecerahannya. Biasanya, menu display ini terletak di bagian pojok kiri bawah dan di dekat See Also.

- Selanjutnya, klik Adjust Brightness dan aturlah sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Klik Kanan pada Mouse (Windows 10)

Cara di atas tidak bisa diikuti lantaran menggunakan Windows 10? Tenang, bagi kamu yang menggunakan PC atau laptop berbasis Windows 10, ada cara yang lebih gampang untuk mengatur kecerahan layar. Kamu juga tidak perlu repot-repot untuk klik menu personalize lagi.

Hanya perlu memanfaatkan mouse, kamu sudah bisa mengatur tingkat kecerahan dengan mudah. Caranya sebagai berikut:

- Di awal, letakkan kursor pada halaman utama windows.

- Kemudian, klik kanan dan pilih pada menu Display Settings.

- Pilih bagian Brightness and color > Change Brightness.

- Di sana, ada sebuah bar dan ada sebuah garis yang bisa digeser ke kanan dan ke kiri untuk mengatur tingkat kecerahan layar pada PC atau laptop.

4. Panduan Tombol Windows + X

Selain menggunakan pengaturan pada PC atau laptop, kamu juga bisa mengaturnya dengan kombinasi keyboard dan pengaturan PC atau laptop. Cara ini lebih mudah karena tidak perlu banyak ‘klik’ menu atau opsi lainnya.

Cara satu ini bisa dilakukan untuk Windows 7, 8, bahkan sampai Windows 10. Berikut beberapa langkah mudahnya:

- Pertama, klik tombol windows + huruf X pada keyboard.

- Kemudian, klik Mobility Center.

- Klik menu tersebut dan langsung akan muncul beberapa pengaturan dasar.

- Selanjutnya, silahkan geser pada bagian Display brightness. Ada sebuah bar di bagian bawah menu tersebut, kamu bisa geser ke kanan dan ke kiri untuk mengatur kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan.

5. Klik Fn + Simbol Kecerahan Layar pada Keyboard

Jika cara di atas terlalu ribet, ikuti cara yang paling mudah satu ini. Kamu hanya perlu klik tombol yang ada di keyboard saja. Cara ini juga berlaku untuk semua PC atau laptop berbasis Windows apapun.

Pertama, kamu bisa melihat pada bagian keyboard dengan klik tombol fn + simbol brightness. Biasanya, simbol brightness akan digambarkan seperti matahari yang redup atau yang terang. Sudah selesai, kini kecerahan layar sudah diatur.

Perlu diingat, cara ini tergantung pada keyboard dari masing-masing PC atau laptop yang digunakan. Pasalnya, tidak semua keyboard mendukung simbol brightness, jadi pastikan keyboard kamu sudah ada tombol untuk mengatur kecerahan layar.

Demikianlah 5 tips mudah mengatur kecerahan layar komputer. Kamu hanya perlu memilih salah satunya untuk mengatur kecerahan layar. Semoga bermanfaat!