Ada Ancaman Covid-19, Kompetisi Proliga 2022 Tetap Berlanjut Sesuai Rencana

Ada Ancaman Covid-19, Kompetisi Proliga 2022 Tetap Berlanjut Sesuai Rencana

KABARINDO, JAKARTA - Kompetisi bola voli Proliga 2022 dipastikan tetap berlanjut sesuai rencana di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor.

Kepastian didapatkan dari Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, usai memimpin rapat virtual bersama para kontestan pada Jumat (4/2/2022) siang.

"Seluruh tim sudah sepakat untuk melanjutkan putaran kedua (setiap tiga hari akhir pekan selama 11 Februari-6 Maret 2022), dilanjutkan final four (11-20 Maret 2022), dan final (26-27 Maret 2022)," ujar Hanny S. Surkatty.

Pernyataan di atas sekaligus menjawab kekhawatiran yang sempat muncul menyusul ditemukannya kasus positif Covid-19 di dalam penyelenggaraan Proliga 2022.

Baca Juga: Klasemen Akhir Putaran I Proliga 2022, Kategori Putra

Pada hari terakhir pekan keempat Putaran I Proliga 2022, Minggu (30/1/2022), kasus positif ditemukan di dalam tim Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia.

Alhasil Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia terpaksa tampil tanpa diperkuat sejumlah pemain, termasuk dua pemain asing, saat kalah 2-3 dari Jakarta Elektrik PLN.

Pada rapat siang tadi, pihak penyelenggara dan peserta Proliga pun menyepakati mekanisme penundaan laga jika kembali ditemukan kasus positif Covid-19.

Penundaan baru akan dilakukan jika salah satu tim yang bertanding menyisakan kurang dari sembilan pemain, alias separuh dari total 18 pemain yang didaftarkan, karena terinfeksi Covid-19.

Laga tunda tersebut kemudian bakal digelar pada Jumat-Minggu malam pekan berikutnya. Jika jadwal padat, pihak Proliga menyediakan hari Senin dan Kamis pekan berikutnya untuk bisa dipakai.

Selain itu, Proliga kini juga mewajibkan swab antigen saat tim menjalani latihan resmi hari Kamis. Tes yang sama juga harus dilakoni 20 tamu undangan dari tim yang menyaksikan langsung dari GOR.

Sumber Berita: Proliga
Foto: Proliga