Aktivis Rohingya: Deklarasi Genosida oleh AS Kurang Membantu

Aktivis Rohingya: Deklarasi Genosida oleh AS Kurang Membantu

KABARINDO, YANGON – Keputusan Amerika Serikat untuk mencap tindakan keras oleh militer Myanmar terhadap minoritas Rohingya sebagai genosida adalah kemenangan bagi para pegiat hak asasi manusia, tetapi para aktivis tidak yakin hal itu akan banyak membantu meringankan penderitaan mereka yang masih tertindas.

Ratusan ribu komunitas Rohingya yang sebagian besar Muslim melarikan diri dari Myanmar, negara mayoritas Buddha, ke Bangladesh pada tahun 2017.

Mereka membawa cerita pemerkosaan, pembunuhan dan pembakaran, sementara 600.000 lainnya tetap tertahan di kamp-kamp pengungsi di Myanmar yang diperintah junta.

Pada hari Minggu (20/3), Washington menyatakan kekerasan itu merupakan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Media massa dengan cepat melaporkan keputusan itu dapat diikuti dengan sanksi lebih lanjut dan pembatasan bantuan, di antara hukuman lain terhadap junta yang sudah diisolasi.

Keraguan Para Aktivis

Thin Thin Hlaing, seorang aktivis hak-hak Rohingya menyambut baik langkah tersebut.

"Saya merasa kami seperti hidup melalui pemadaman listrik, tetapi sekarang kami melihat cahaya, karena mereka mengakui penderitaan kami," katanya kepada AFP.

Namun, dia juga menambahkan, "Orang tua saya, saudara perempuan saya dan keponakan saya masih harus tinggal di kamp dalam kondisi yang buruk dan tanpa standar hak asasi manusia."

Lebih banyak kemarahan terhadap junta militer Myanmar tidak akan banyak mengubah kondisi buruk yang dialami banyak orang Rohingya, kata David Mathieson, seorang analis yang sebelumnya berbasis di negara itu.

"Sulit untuk melihat bagaimana deklarasi [AS] akan meningkatkan kehidupan orang-orang yang menderita akibat penindasan negara dan kekerasan ekstrem," katanya.

"Militer Myanmar tidak peduli dengan tuduhan ketika mereka mulai, dan mengingat mereka sekarang memerangi hampir semua orang di negara itu, saya ragu keputusan [AS] ini akan mempengaruhi mereka dengan cara apa pun."

Sejak menggulingkan pemerintah Aung San Suu Kyi tahun lalu, junta militer telah menggandakan persepsi luas bahwa Rohingya adalah penyusup dari Bangladesh dan terus menolak kewarganegaraan, hak, dan akses mereka ke layanan.

(Foto: Kamp Rohignya di Sittwe, Rakhine, Myanmar -Anadolu Agency)

Pemimpin Junta Min Aung Hlaing - yang merupakan kepala angkatan bersenjata selama penumpasan 2017 - telah menolak kata Rohingya sebagai "istilah imajiner".

Sanksi apa pun yang mungkin mengikuti penunjukan Washington juga tidak mungkin merusak atau mengusir para jenderal di balik tindakan keras itu, Mathieson menambahkan.

"Jika AS tidak secara aktif memblokir penjualan senjata ... atau memasok bantuan anti-pesawat kepada perlawanan seperti yang mereka lakukan di Ukraina, maka Washington memiliki sedikit pengaruh atau opsi hukuman yang dapat diberikannya," katanya.

Senada dengan pendapatnya, Manny Maung, peneliti Myanmar di Human Rights Watch, berkata kepada AFP, “Sayangnya, tekad Amerika Serikat sendiri tidak akan membantu membawa pulang Rohingya.”

Saat ditanya soal deklarasi AS, beberapa penghuni kamp Rohingya di dekat Sittwe, ibu kota negara bagian Rakhine barat Myanmar, memberi pendapat yang berbeda-beda. Sebagian merasa keputusan itu sudah terlambat, sedangkan sebagian lain berharap hal tersebut dapat membantu mereka walau mungkin tidak secara langsung.

***(Sumber: AFP/France24; Foto: AP, AA)