AMD Umumkan Prosesor Ryzen 8040 Series dan Sofware AI Ryzen

AMD Umumkan Prosesor Ryzen 8040 Series dan Sofware AI Ryzen

AMD Umumkan Prosesor Ryzen 8040 Series dan Sofware AI Ryzen

Hadirkan lebih banyak kemampuan AI bagi para pengguna PC AI

Surabaya, Kabarindo- AMD mengumumkan prosesor mobile Ryzen 8040 Series baru yang memperluas kepemimpinan AMD di pasar mobile, dengan kekuatan, efisiensi dan kinerja yang lebih baik dibandingkan kompetitor.

Dengan NPU Ryzen AI terintegrasi yang terpasang pada model-model tertentu, AMD menghadirkan lebih banyak PC AI terbaik di kelasnya ke pasar, dengan kinerja pemrosesan AI 1,6x lebih baik dibandingkan model AMD sebelumnya, untuk menghadirkan pengalaman premium baru dengan kemampuan AI-readiness.

Prosesor Ryzen 8040 Series merupakan prosesor terbaru yang tergabung dengan jajaran prosesor Ryzen bertenaga dan akan tersedia secara luas dari OEM terkemuka termasuk Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo dan Razer pada Q1/2024. Dirancang di atas arsitektur prosesor AMD “Zen 4” dan hingga delapan core yang mampu menghadirkan kekuatan pemrosesan hingga 16 thread, Ryzen 8040 Series menghadirkan kinerja single-core dan multi-core yang terdepan.

Dengan grafis AMD Radeon RDNA 3 dan sistem pilihan bertenaga arsitektur AMD XDNA yang dibangun untuk AMD Ryzen AI, prosesor baru ini dirancang untuk para profesional kreatif, gamer dan pengguna mainstream yang mencari laptop tangguh dengan performa tepercaya saat ini, serta kemampuan untuk menjalankan pengalaman AI tingkat lanjut. Untuk mengaktifkan pengalaman AI ini, AMD juga membuat Ryzen AI Software tersedia secara luas bagi pengguna agar mudah membangun dan menerapkan model pembelajaran mesin pada PC mereka yang berbasis AI.

“Prosesor AMD Ryzen 8040 Series terus memberikan kinerja dan efisiensi luar biasa untuk notebook premium. Mulai dari gamers dan pembuat konten paling elit hingga ilmuwan dan pengembang data terkemuka, Ryzen 8040 dibuat untuk menangani beban kerja mereka yang paling menantang. Peningkatan kemampuan AI pada seri 8040 kini akan menangani model yang lebih luas dan memungkinkan pengalaman pengguna PC AI generasi berikutnya,” ujar Jason Banta, Corporate Vice President and GM dari OEM PC business AMD, pada Sabtu (9/12/2023).

Prosesor Ryzen 8040 Series adalah tambahan terbaru pada keluarga prosesor AMD Ryzen yang memberikan daya, efisiensi, kinerja dan kesiapan masa depan yang lebih dibandingkan generasi sebelumnya serta kompetitor. Prosesor baru ini menawarkan performa tingkat berikutnya mulai dari produktivitas sehari-hari hingga kreasi konten, dengan Ryzen 9 8945HS yang menawarkan pengeditan video hingga 64% lebih kencang dan rendering 3D hingga 37% lebih cepat dibandingkan competitor. Gamers juga dapat menikmati game hingga 77% lebih cepat dibandingkan kompetitor.

Prosesor Ryzen terbaru memberikan performa terbaik untuk laptop PC ultrathin dan daya baterai paling lama melalui fitur manajemen daya yang inovatif, menjadikannya pilihan sempurna bagi para profesional modern, penggemar game dan kreatif yang mencari komputasi lebih cepat dan hemat daya. Prosesor Ryzen 8040 Series juga hadir dengan dukungan memori LPDDR5 yang canggih. Dengan prosesor baru ini, pengguna dapat memanfaatkan pengalaman virtual, bermain game dan streaming yang imersif, serta percaya bahwa perangkat mereka mendukung kasus penggunaan AI yang menuntut namun tetap hemat energi.

Prosesor ini juga menjalin kemitraan erat AMD dengan Microsoft. Prosesor Ryzen 8040 siap memanfaatkan seluruh ekosistem Windows 11 untuk kinerja yang optimal, termasuk dukungan penuh terhadap fitur keamanan Windows 11. Sistem tertentu dengan prosesor AMD Ryzen 8040 Series juga dapat mengakses AI out-of-the-box dengan Window Studio Effects Pack, memungkinkan privasi di rumah atau saat bepergian dengan keburaman latar belakang, pelacakan pandangan mata dan peredam bising.

AMD Ryzen 8040 Series akan tersedia dari OEM termasuk Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan Razer mulai Q1/2024.

Software pengembang untuk Ryzen AI

Ryzen AI Software kini tersedia secara luas, sehingga memungkinkan pengembang untuk membangun dan menerapkan model pembelajaran mesin yang dilatih dalam kerangka kerja seperti PyTorch atau TensorFlow dan menjalankannya di laptop tertentu yang didukung oleh Ryzen AI. Pada Juli lalu, AMD meluncurkan program akses awal untuk perangkat lunak Ryzen AI guna mendukung Windows Studio Effects. Saat ini alat-alat tersebut tersedia secara umum bagi pengembang yang ingin membangun pengalaman AI yang ditingkatkan untuk dijalankan pada PC.

Software Ryzen AI versi 1.0 mengaktifkan aplikasi ONNX Runtime dan menawarkan model zoo yang telah dioptimalkan pada Hugging Face. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memulai dan menjalankan model AI dalam hitungan menit. Laptop bertenaga Ryzen AI memindahkan model AI ke NPU, sehingga membebaskan CPU dan membantu mengurangi konsumsi daya sekaligus memperpanjang masa pakai baterai. Sebagai bagian dari peluncuran perangkat lunak Ryzen AI, pengembang dapat memanfaatkan Ryzen AI untuk membangun aplikasi AI dengan pengenalan gerakan tingkat lanjut, autentikasi biometrik dan fitur aksesibilitas lainnya. Pengembang juga diberikan dukungan akses awal untuk model Pengenalan Ucapan Otomatis seperti Whisper dan Large Language Models (LLM) seperti OPT dan Llama-2 guna membangun antarmuka ucapan Bahasa yang alami untuk aplikasi mereka dan membuka fitur Pemrosesan Bahasa Alami lainnya seperti peringkasan dokumen dan bantuan email.