AVC Challenge Cup For Women 2023 Siap Digelar di GOR Tridharma Gresik Jawa TImur

AVC Challenge  Cup For Women 2023  Siap Digelar di GOR  Tridharma  Gresik  Jawa TImur

KABARINDO, JAKARTA - AVC Challenge Cup 2023 for Women segera digelar di GOR Tridharma Gresik, Jawa Timur pada 18-25 Juni mendatang.

AVC Challenge Cup 2023 for Women akan menjadi ajang bagi Timnas Indonesia untuk bisa segera naik kelas ke level yang lebih tinggi.

Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo juga berharap AVC Challenge Cup 2023 for Women dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Timnas Indonesia agar bisa lolos ke Volleyball Nations League (VNL).

Imam Sudjarwo mengaku bangga karena PBVSI memperoleh kepercayaan dari AVC untuk menjadi salah satu tuan rumah AVC Challenge Cup 2023 for Women.

Kepercayaan tersebut diberikan mengingat AVC menemukan adanya progres terhadap perkembangan bola voli di tanah air.

Terlebih, AVC sendiri saat ini dipimpin oleh Rita Subowo selaku presiden organisasi yang berasal dari Indonesia.

Sebelumnya, Rita Subowo pernah menjabat sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Imam Sudjarwo juga mengatakan, sebanyak sepuluh tim akan berlaga di ajang AVC Challenge Cup 2023 for Women sepanjang 18-25 Juni 2023 termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Salah satu negara yakni Kazakhstan terpaksa mengundurkan diri karena sebuah alasan teknis.

"PP PBVSI mendapat mandat yang luar biasa dari AVC untuk menyelenggarakan AVC Challenge Cup 2023 for Women. Tim yang akan bertanding yang tadinya adalah dua belas, tapi satu tim (Kazakhstan) mengundurkan diri karena alasan teknis," kata Imam Sudjarwo sebagaimana dikutip Kabar Rakyat dari tayangan press conference di kanal YouTube moji.social dan Vidio pada Selasa, 13 Juni 2023. 

Lebih lanjut, Imam Sudjarwo juga menegaskan bahwa AVC Challenge Cup 2023 for Women merupakan langkah awal bagi Timnas Indonesia sebelum berlaga di VNL tahun depan.

Sejauh ini, hanya ada empat negara dari Asia yang akan bertanding di ajang AVC Challenge Cup 2023 for Women antara lain Thailand, Korea Selatan, Jepang, dan China.

Nantinya yang juara akan maju di laga berikutnya yaitu FIVB Challengers, setelah itu dia akan maju lagi di VNL," ujarnya.

Mantan perwira Polri ini juga mengungkapkan, Timnas Indonesia memiliki target secara bertahap agar bisa mencapai tiket ke VNL.

Timnas Indonesia yang akan dikerahkan di AVC Challenge Cup 2023 for Women mayoritas berasal dari skuad SEA Games 2023, ditambah beberapa pemain seperti Yolla Yuliana dan Dhea Cahya Pitaloka.

Dhea Cahya Pitaloka sendiri baru akan bergabung di Timnas Indonesia untuk pertama kalinya tepat saat penyelenggaraan AVC Challenge Cup 2023 for Women.

"Jadi ini ajang bergengsi karena ada target yang harus dicapai. Kita sudah siap benar, tim kita adalah mayoritas timnas yang kita bawa ke SEA Games di Kamboja ditambah beberapa orang pemain lagi," katanya

Imam Sudjarwo yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Indosiar dan Direktur Surya Citra Media (SCM) ini turut bersyukur karena Emtek sebagai grup media tempatnya berkarir ikut mendukung penyelenggaraan AVC Challenge Cup 2023 for Women.

Emtek akan menyiarkan langsung seluruh pertandingan AVC Challenge Cup 2023 for Women melalui MOJI, Vidio, dan Nex Parabola.

Tak hanya itu, Imam Sudjarwo juga mengucapkan terima kasih untuk Petrokimia Pupuk Indonesia yang bersedia menjadi sponsor utama.

"Kita juga didukung Emtek Group (MOJI, Vidio, Nex Parabola), kita juga didukung Petrokimia Pupuk Indonesia," ujar dia.

Sebagai tambahan informasi, Imam Sudjarwo juga menegaskan Timnas Indonesia di sektor putra juga akan berlaga di AVC Challenge Cup 2023 for Men di China Taipei pada Agustus mendatang.

"Selain tim putri, tim putra juga akan berlaga di China Taipei pada bulan Agustus dan akan ada tujuh belas negara yang akan bermain," tuturnya. Foto: Orie Buchori/Kabarindo.com