Banyak Dikeluhkan Para Rider, FIM dan Dorna akan Aspal Ulang Sirkuit Mandalika

Banyak Dikeluhkan Para Rider, FIM dan Dorna akan Aspal Ulang Sirkuit Mandalika

KABARINDO, MANDALIKA Para pembalap sudah mencoba lintasan Sirkuit Mandalika pada tes pramusim yang telah digelar selama tiga hari, yakni 11-13 Februari 2022. FIM dan Dorna pun mendengarkan keluhan sejumlah pembalap terkait kondisi lintasan. Dua badan itu pun meminta agar trek diaspal ulang di beberapa titik.

Berbagai keluhan para pembalap yang telah mencicipi aspal baru yang akan mereka pakai di kejuaraan dunia MotoGP 2022 pun beragam. Banyak masukan yang dilontarkan pembalap terkait Sirkuit Mandalika. Pastinya hal tersebut berdasarkan pengalaman mereka setelah mencoba trek sepanjang 4,3 kilometer itu.

Beberapa proyek pembangunan pun masih dilakukan di sekitar sirkuit, hal ini lah yang menyebabkan trek kotor karena debu dan kerikil. Beberapa titik sirkuit pun mulai terkikis aspalnya. Bahkan kerikil yang dikeluhkan tersebut sampai mengenai para pembalap.

Dalam rilis yang diterima detikSport, FIM dan Dorna selaku otoritas penyelenggara MotoGP, telah menampung semua masukan dari pembalap. Mereka akan menyampaikan semua masukan tersebut kepada Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), selaku induk dari MGPA atau pengelola MotoGP Mandalika.

“Masukan dari pembalap dan tim mengenai tata letak lintasan dan standar keselamatannya, termasuk area limpasan yang luas, baik aspal maupun kerikil, sangat positif,” tulis rilis MotoGP tersebut.

“Selama pengujian, dua area perbaikan diidentifikasi, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang mempengaruhi bagian sirkuit.”  

“FIM, yang mengawasi homologasi trek, telah berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengenai perbaikan yang diperlukan ini, yang akan dilaksanakan minimal tujuh hari sebelum peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia,” terangnya.

Dalam rilis tersebu, FIM dan Dorna akan memperbaiki Turn 17 sampai Turn 5 Sirkuit Mandalika. Perbaikan tersebut meliputi aspal ulang area tersebut. ITDC sendiri bersedia untuk memperbaiki kembali, hal ini merupakan bentuk komitmen kesiapan menggelar balapan bulan depan.

“Pemilik sirkuit ITDC telah menyetujui penilaian dan permintaan FIM, menunjukkan tingkat dukungan dan komitmen yang tinggi terhadap olahraga tersebut. semua pihak bereaksi dengan cepat dan upaya perbaikan ini sudah berlangsung, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan,” tulis rilis tersebut.

“Sirkuit akan dilapis ulang dari bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5. Tempat tersebut juga akan mempersiapkan Grand Prix dengan menggunakan teknologi terkemuka dunia untuk memastikan keseluruhan permukaan memenuhi standar MotoGP.”

"FIM dan Dorna ingin mengucapkan terima kasih kepada ITDC atas dukungan luar biasa dan reaksi cepat mereka. Semua pihak juga ingin meyakinkan penggemar kami di Indonesia, dan semua orang di seluruh dunia, bahwa Pertamina Grand Prix Indonesia 2022 akan berlangsung pada tanggal yang direncanakan, dan MotoGP sangat menantikan untuk kembali ke Lombok," jelas pernyataan dalam rilis MotoGP tersebut,” jelas pernyataan dalam rilis MotoGP tersebut.

MotoGP Mandalika akan menjadi seri kedua dalam kalender balap MotoGP 2022, yang akan digelar pada 20 Maret 2022 mendatang.

Sumber: Detik.com

Foto: twitter.com/MotoGP