Berikut daftar 16 Timnas yang Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Berikut daftar 16 Timnas yang Lolos ke Piala Asia U-17 2023

KABARINDO, BOGOR - Berikut Dafatr 16 tim yang lolos ke Piala Asia U-17 2023 dan tidak ada Timnas Indonesia U-17, selagi ada empat negara Asia Tenggara yang ikut bersaing.

Garuda Muda dipastikan gagal tampil di putaran final Piala Asia U-17 2023 setelah hanya finis di peringkat kedua klasemen akhir Grup B. Mereka turun peringkat dari posisi pemuncak ke urutan kedua usai dibekuk Malaysia dengan skor 1-5 di laga pamungkas yang dimainkan di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu 9 Oktober 2022 malam WIB.

Timnas Indonesia U-17 sebenarnya masih bisa berharap untuk lolos melalui jalur runner-up terbaik. Sayangnya, kekalahan telak dari Malaysia berdampak luar biasa untuk catatan di klasemen ini.

Hanya ada enam dari 10 tim runner-up yang diberi jatah tiket lolos ke putaran final. Sayangnya, Indonesia berada di peringkat ketujuh setelah seluruh laga dimainkan semalam.

Malaysia finis sebagai juara Grup B. Mereka adalah salah satu dari total empat tim asal Asia Tenggara yang akan bersaing di putaran final.

Di tempat lain, Vietnam keluar sebagai juara Grup F. Mereka mengatasi Thailand dengan skor 3-0 pada laga pamungkas.

Namun, Thailand bisa tetap lolos ke putaran final setelah finis di peringkat kelima klasemen runner-up terbaik. Satu negara lain dari Asia Tenggara adalah Laos, yang finis tepat di bawah Thailand dan di atas Indonesia dalam klasemen runner-up terbaik.

Tadinya, putaran final Piala Asia U-17 2023 dijadwalkan untuk berlangsung di Bahrain pada musim panas tahun depan. Tepatnya pada tanggal 3 hingga 20 Mei 2023.

Namun demikian, Bahrain sendiri sudah mengundurkan diri sebagai tuan rumah sejak 16 Juni 2022. Hingga kini, belum diketahui tuan rumah baru untuk penyelenggaraan turnamen tersebut.

Berikut daftar 16 tim yang lolos ke Piala Asia U-17 2023:

Jepang, Malaysia, Qatar, Arab Saudi, India, Yaman, Vietnam, Thailand, Australia, China, Tajikistan, Afghanistan, Iran, Laos, Uzbekistan, Korea Selatan.