Hasil Drawing Piala Dunia U-17: Timnas Indonesia U-17 di Group A, Ini Lawannya!

Hasil Drawing Piala Dunia U-17: Timnas Indonesia  U-17 di Group A,  Ini Lawannya!

KABARINDO, JAKARTA - Berikut hasil drawing Piala Dunia U-17 2023  di mana Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17   berada di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama.

Undian babak grup di Piala Dunia U-17 2023 telah dilaksanakan di Zurich, Swiss, pada Jumat (15/9/2023) malam WIB. Undian ini dihadiri oleh kiper legendaris Brasil yang pernah membela Inter Milan, Julio Cesar, dan eks gelandang Juventus asal Ghana, Stephen Appiah.

Grup neraka tercipta di Grup C dengan Brasil dan Inggris berada dalam satu grup Iran dan Kaledonia Baru. Sedangkan Jepang dan Argentina berada dalam satu grup dengan Senegal dan Polandia di Grup D.

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 setelah Peru mengundurkan diri akibat masalah infrastruktur. Ajang ini juga sebagai pengganti Piala Dunia U-20 2023 yang gagal digelar di Indonesia pada Mei-Juni 2023 lalu.

Sebagai tuan rumah, maka Timnas Indonesia U-17 berada di pot 1 sebagai unggulan. Garuda Asia – julukan Timnas Indonesia U-17 – berada dalam pot yang sama seperti Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol dan Jepang.

Peraturan FIFA menyatakan bahwa tim-tim dari benua yang sama tidak bisa berada dalam satu grup. Oleh karena itu, Timnas Indonesia U-17 terhindar dari Korea Selatan, Jepang, Uzbekistan, dan Iran pada fase grup ini.

Ada 24 tim peserta dalam ajang ini. Ke-24 tim tersebut dibagi dalam enam grup dengan setiap grup di antaranya berisikan empat tim.

Juara grup dan runner-up dari masing-masing grup akan lolos otomatis ke babak 16 besar. Namun, ada jatah untuk empat tim peringkat ketiga terbaik untuk mendapatkan tiket lolos ke babak 16 besar.

Piala Dunia U-17 2023 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Ada empat venue yang akan digunakan, yaitu Jakarta International Stadium (JIS, Jakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Hasil Drawing Piala Dunia U-17  2023

Grup A: Indonesia, Ekuador, Panama, Maroko

Grup B: Spanyol, Kanada, Mali, Uzbekistan

Grup C: Brasil, Iran, Kaledonia Baru, Inggris

Grup D: Jepang, Poland, Argentina, Senegal

Grup E: Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, Amerika Serikat

Grup F: Meksiko, Jerman, Venezuela, Selandia Baru

Foto: FIFA