Dukung Minat Studi ke Luar Negeri, DET Telah Dimanfaatkan Pelajar Indonesia di Lebih dari 280 Kota

Dukung Minat Studi ke Luar Negeri, DET Telah Dimanfaatkan Pelajar Indonesia di Lebih dari 280 Kota

Dukung Minat Studi ke Luar Negeri, DET Telah Dimanfaatkan Pelajar Indonesia di Lebih dari 280 Kota

Surabaya, Kabarindo- Duolingo English Test (DET) merupakan tes kemampuan bahasa Inggris online terstandar yang telah menarik minat banyak pelajar Indonesia di lebih dari 280 kota dalam satu tahun terakhir.

Jakarta, Bandung dan Surabaya menjadi tiga besar wilayah di Indonesia dengan jumlah pengguna DET tertinggi di kalangan pelajar untuk kebutuhan pendaftaran studi ke luar negeri, baik melalui peluang beasiswa maupun jalur mandiri.

Keberhasilan ini sejalan dengan tren belajar ke luar negeri yang terus meningkat, serta menjadi tujuan utama para pelajar dalam meraih gelar akademis dari universitas-universitas ternama di berbagai negara maju.

Pada 2023, jumlah individu yang berhasil lolos seleksi beasiswa LPDP mencapai 9.956 orang, meningkat hampir tujuh kali lipat sejak dimulainya program beasiswa LPDP pada 2013. Sementara itu, data terbaru dari IISMA menyebutkan hingga akhir 2023 telah memfasilitasi 1.984 mahasiswa untuk studi di luar negeri, termasuk 1.416 mahasiswa program sarjana dan 568 mahasiswa program vokasi terpilih, yang telah memulai perjalanan akademis mereka di 126 kampus mitra di 26 negara. Institusi mitra ini termasuk beberapa universitas paling bergengsi di dunia.

Persiapan untuk belajar di luar negeri terdiri dari berbagai faktor, di antaranya kemahiran berbahasa Inggris yang menjadi persyaratan mendasar. Bahasa Inggris menjadi penentu utama dalam memenuhi kriteria untuk studi di luar negeri serta aplikasi beasiswa di berbagai institusi.

Dalam dunia pendidikan, tes kemampuan bahasa Inggris tradisional seperti TOEFL iBT dan IELTS telah lama ditetapkan untuk menilai kemahiran bahasa Inggris. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, terjadi perubahan yang signifikan terhadap preferensi siswa yang ingin menunjukkan kemampuan bahasa mereka dengan tes seperti Duolingo English Test (DET).

Sejak 2022, banyak universitas di berbagai belahan dunia dan lembaga-lembaga terkemuka seperti IISMA dan LPDP telah menerima hasil tes kemampuan bahasa Inggris digital. Pergeseran ini menandakan pengakuan yang semakin besar atas keunggulan yang ditawarkan oleh penilaian digital, juga aksesibilitas, kenyamanan dan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan tes tradisional. Hal ini mencerminkan dinamika yang berkembang dalam lanskap pendidikan, sekaligus memperlihatkan ketergantungan yang semakin meningkat terhadap teknologi dalam memenuhi kebutuhan dan preferensi siswa.

Carrie Wang, Head of Global Growth, Duolingo English Test, melihat adanya peningkatan minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Estimasi DET menunjukkan sekitar 70% pelajar yang mendaftar program beasiswa IISMA lebih memilih untuk mengikuti tes DET pada 2023. Peningkatan ini mencerminkan semakin besarnya kepercayaan siswa terhadap penilaian digital, serta menunjukkan peran penting DET dalam membentuk masa depan kegiatan akademis global bagi mereka.

“Kami melakukan survei global terhadap para siswa. Hasilnya menunjukkan respons yang positif terhadap tes digital. Menurut survei tersebut, hampir 70% siswa yang mencoba tes tradisional dan digital, lebih memilih tes digital. Hal ini memperkuat komitmen kami terhadap inovasi dan kolaborasi dengan berbagai universitas di seluruh dunia."

DET menawarkan kemudahan kepada para peserta tes melalui akses online yang memungkinkan mereka untuk melaksanakan tes di manapun dan kapanpun. Tes yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam ini memastikan proses yang cepat dengan hasil yang akan dikirimkan hanya dalam waktu dua hari. Dengan biaya sebesar 59 dollar AS atau Rp.908.600, inisiatif ini diharapkan dapat menghadirkan pilihan yang lebih mudah diakses dan terjangkau bagi para siswa.

Pada 2023, DET berhasil memperluas kesempatan bagi para pelajar untuk mendaftar kuliah di hampir 5.000 universitas, sehingga mereka memiliki lebih banyak pilihan untuk mendapatkan pengalaman pendidikan berskala internasional.

DET telah diakui oleh banyak universitas terkemuka di dunia, termasuk Columbia, Cornell, Duke, Imperial College London, McGill, Massachusetts Institute of Technology, Northeastern, New York University, Penn, University of Chicago, University of Southern California, Yale dan lainnya. Banyak institusi papan atas juga telah mengakui efektifitas DET, menjadikannya pilihan utama bagi para pelamar yang ingin mendaftar.