EURO 2024: Timnas Prancis ke Semifinal, Singkirkan Timnas Portugal Lewat Drama Adu Penalti!

EURO 2024: Timnas Prancis ke Semifinal, Singkirkan Timnas Portugal Lewat Drama Adu Penalti!

KABARINDO, MUNICH - Tim Nasional (Timnas) Portugal melawan Timnas Prancie di Perempatfinal Euro 2024 berlangsung ketat. Setelah melalui drama adu tendangan penalti, Prancis menang dengan skor 5-3. Sebelumnya, skor sama kuat 0-0 selama 120 menit pertadingan.

Kemenangan ini membuat Prancis berhak lolos ke semifinal Euro 2024. Di semifinal, Prancis akan menantang Spanyol yang di laga lain menang 2-1 atas tuan rumah Jerman.

Secara penguasaan bola, Portugal lebih dominan ketimbang Prancis. Skuad asuhan Roberto Martinez ini mencetak ball possession mencapai 55 persen, berbanding 45 persen milik Les Bleus -julukan Timnas Prancis.

Sayangnya, penguasaan bola yang tinggi ini tidak berefek kepada penciptaan peluang, Sepanjang 45 menit babak pertama, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hanya melepaskan dua tembakan, itu pun tidak tepat sasaran.

Di sisi lain, Prancis melepaskan tiga shot on target dan satu di antaranya mengarah ke gawang Portugal kawalan Diogo Costa. Di menit 22 pertandingan, sepakan Theo Hernandez meluncur mulus ke gawang Portugal.

Beruntung, sepakan pemain milik AC Milan itu masih dapat dimentahkan Diogo Costa. Singkat kata, skor sama kuat 0-0 di babak pertama.

Dua bintang di masing-masing tim, yakni Kylian Mbappe (Prancis) dan Cristiano Ronaldo (Portugal) masih mati kutu di babak pertama. Siapa yang menggila di babak kedua?

Di paruh kedua, kedua tim lebih Berani dalam melancarkan serangan. Di menit 60, Portugal mendapat peluang emas dari Bruno Fernandes.

Memanfaatkan umpan terobosan Joao Cancelo, Bruno Fernades melepaskan keras kaki kanan dari dalam kotak penalti. Namun, secara luar biasa, sepakan Bruno Fernandes dapat ditepis kiper Prancis, Mike Maignan.

Lima menit berselang, giliran Prancis yang hampir membuka keunggulan. Penyerang Timnas Prancis Randal Kolo Muani tiba-tiba lepas dari pengawalan dan masuk ke kotak penalti Timnas Portugal.

Dalam kondisi tidak terkawal, pemain PSG itu melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti. Beruntung bagi Portugal, sang kiper Diogo Costa masih bisa menepis bola sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Selanjutnya di menit 70, Prancis lagi-lagi hampir membuka keunggulan. Sayangnya, sepakan Eduardo Camavinga masih melenceng tipis dari gawang Portugal.

Setelah peluang itu, tak ada Kesempatan lagi yang dibuat kedua tim. Alhasil, laga pun berlanjut ke babak tambahan 2x15 menit.

Efek intensitas serangan yang tinggi di 90 menit, terlihat jelas tenaga para pemain Portugal dan Prancis terkuras di masa perpanjangan waktu. Tak banyak peluang tercipta. Di babak pertama extra time, hanya ada satu peluang tercipta lewat Cristiano Ronaldo, tapi itu pun gagal menghasilkan gol.

Di awal babak kedua perpanjangan waktu, Kylian Mbappe diganti Barcola. Pergantian pemain ini juga belum menghasilkan sesuatu kepada Prancis, sehingga skor sama kuat 0-0 bertahan hingga 120 menit berakhir. Laga pun berlanjut ke adu tendangan penalti.

Adu Tendangan Penalti

Portugal: Cristiano Ronaldo O, Bernardo Silva O, Joao Felix X, Nuno Mendes O.

Prancis: Ousmane Dembele O, Youssouf Fofana O, Jules Kounde O, Barcola O, Theo Hernandez.

 Berikut daftar susunan pemain Timnas Portugal vs Prancis di Perempatfinal Euro 2024:

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo (Nelson Semedo 74’), Pepe, Ruben Dias, Nuno Mendes: Vitinha, Joao Palhinha (Ruben Neves 90+1’), Bruno Fernandes (Francisco Conceicao 74’): Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Rafael Leao

Prancis (4-3-1-2): Mike Maignan; Jules Kounde, William Saliba, Dayot Upamecano, Theo Hernandez: Eduardo Camavinga (Youssouf Fofana (90+1’), Aurelien Tchouameni, N'Golo Kante: Antoine Griezmann (Ousmane Dembele 67’); Kylian Mbappe (Barcolla 105’), Randal Kolo Muani (Marcus Thuram 86’).

Foto: Reuters