FIFA Dikabarkan Tiba di Indonesia pada 17 Oktober 2022

FIFA Dikabarkan Tiba di Indonesia pada 17 Oktober 2022

KABARINDO, JAKARTA - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) akan tiba di Jakarta pada Senin, 17 Oktober 2023. Uniknya, hari kedatangan itu berbarengan dengan rencana Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengumumkan siapa tuan rumah Piala Asia 2023.

Diiketahui sebelumnya, bahwa tuan rumah Piala Asia 2023 yang bergulir pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023 belum diketahui. Awalnya, China merupakan tuan rumah Piala Asia 2023.

Namun, karena ingin segera menyelesaikan masalah Covid-19, China menarik diri dari status tuan rumah. Alhasil, sebanyak empat negara maju mengajukan diri menjadi tuan rumah, yakni Indonesia, Australia, Korea Selatan dan Qatar.

Dalam perjalanannya, Australia mengundurkan diri dari pencalonan. Alhasil, tinggal Indonesia, Qatar dan Korea Selatan yang berpeluang menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Sekarang dengan hadirnya FIFA di Tanah Air bertepatan dengan pengumuman tuan rumah Piala Asia 2023, apakah ini pertanda Indonesia bakal terpilih sebagai tuan rumah ajang empat tahunan tersebut?

Tentu terlalu cepat untuk memberi kesimpulan di atas. Terlebih, sepakbola Indonesia baru saja tertimpa musibah, yang mana 131 orang meninggal dunia akibat insiden di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu, 1 Oktober 2022 malam WIB.

Untuk menyelesaikan masalah di atas alias supaya insiden serupa tak terjadi lagi di Indonesia, FIFA bakal tiba di Jakarta pada Senin, 17 Oktober 2022. FIFA bakal membantu sepakbola Indonesia bertransformasi menjadi lebih baik.

"Belum tahu, kita hanya dapat undangan dari PSSI untuk bersama-sama dengan FIFA. Kami belum tahu agendanya, apa yang dibahas,” kata Menpora Zainudin Amali saat ditanya apa agenda FIFA selama berkantor di Jakarta,

"Kalau saya hanya mendapatkan informasi dari surat yang dari Presiden FIFA kepada Presiden Joko Widodo. Sebatas itu saja, karena ini antara federasi internasional dengan federasi nasional," imbuh Zainudin Amali.

Harapannya hadirnya FIFA membuat sepakbola Indonesia jauh lebih berkembang. Edukasi yang diberikan FIFA kepada PSSI maupun pihak terkait diharapkan dapat memperbaiki level sepakbola Tanah Air.