FIFA Resmi Keluarkan Rusia dari Playoff Piala Dunia 2022

FIFA Resmi Keluarkan Rusia dari Playoff Piala Dunia 2022

KABARINDO - FIFA resmi keluarkan Rusia dari playoff Piala Dunia 2022. Tak hanya itu, FIFA juga resmi menunda laga Skotlandia vs Ukraina dalam playoff Piala Dunia 2022.

Pertandingan Skotlandia vs Ukraina sendiri sejatinya akan berlangsung pada Jumat 25 Maret 2022 dini hari WIB. Pemenang laga tersebut akan menghadapi Austria atau Wales agar dapat mengamankan satu tempat di Qatar.

Namun saat ini, FIFA telah membuat keputusan untuk menunda laga tersebut. Hal itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas kepada Ukraina yang saat ini tengah mengalami invasi militer dari Rusia.

 “Pada 3 Maret 2022, Asosiasi Sepakbola Ukraina menulis kepada FIFA meminta agar pertandingan kualifikasinya dijadwalkan ulang karena ketidakmungkinan mengatur perjalanan dan pelatihan tim dalam situasi saat ini,” bunyi pernyataan FIFA dalam situs resminya, Rabu (9/3/2022).

“Menyusul konsultasi dengan UEFA dan empat asosiasi anggota yang berpartisipasi di Jalur A playoff kualifikasi Eropa, dengan suara bulat disepakati dalam semangat solidaritas untuk menerima permintaan ini,” lanjutnya.

“Pertandingan antara Skotlandia dan Ukraina, awalnya dijadwalkan pada 24 Maret 2022 (25 Maret 2022 dini hari WIB), sekarang akan ditunda ke Juni, dan akibatnya, pertandingan antara pemenang Skotlandia vs Ukraina dan Wales vs Austria juga akan ditunda ke masa yang sama,” sambungnya.

Sementara itu, FIFA kembali menegaskan bahwa Rusia didepak dari kualifikasi Piala Dunia 2022. Dengan begitu, lawan Rusia, yakni Polandia, secara otomatis melaju ke final playoff Jalur B, di mana akan bermain lawan Swedia atau Republik Ceko.

Keputusan ini semakin memberi dampak ke dunia olahraga Rusia. Sebelumnya, sejumlah cabang olahraga lain juga memutuskan menangguhkan atlet dari Rusia untuk ambil bagian di turnamen internasional. Langkah ini di antaranya diambil oleh federasi bulu tangkis, tinju, hingga F1. Foto : Reauters