Gemilang! Pembalap Muda Indonesia Veda Ega Pratama Juara Race 1 Asia Talent Cup !

Gemilang! Pembalap Muda Indonesia Veda Ega Pratama Juara Race 1 Asia Talent Cup !

KABARINDO, QATAR - Pembalap muda Indonesia Vega Ega Pratama gemilang dengan metaih juara pertama Race 1 Idemitsu Asia Talent Cup Qatar di Sirkuit Internasional Lusail, Sabtu, 18 November 2023.

Ini adalah kemenangan ke delapan Veda dari total 11 balapan yang sudah digelar musim ini. Capaian Veda juga menjadi rekor kemenangan terbanyak bagi pembalap Asia Talent Cup dalam semusim, mengalahkan rekor kemenangan tujuh kali Taiyo Furusato pada musim 2021.

Sebelumnya, Veda sukses mengunci gelar juara Asia Talent Cup 2023 di Sepang, Malaysia, akhir pekan lalu.

Veda yang memulai balapan dari posisi start pertama langsung memimpin jalannya balapan begitu lampu hijau tanda start dimulai.

Di belakang Veda ada Amon Odaki (Jepang) dan Ryota Ogiwara (Jepang). Tiga pembalap ini kemudian mendominasi grup terdepan dalam balapan 12 putaran. Ketiganya juga silih berganti memimpin jalannya balapan, bahkan hingga tikungan terakhir putaran terakhir sebelum finis.

Veda nyaris terjatuh di lap kedua, namun masih bisa mengendalikan sepeda motornya. Di Tikungan 13, Veda berbelok tajam dan menginjak kerbs di sisi dalam, membuatnya sedikit oleng. Begitu bisa menyeimbangkan motornya dan bersiap belok di Tikungan 14, ia nyaris bersenggolan Odaki yang melakukan manuver dari sisi dalam.

Odaki, Ogiwara, dan Veda kembali nyaris bersenggolan di Tikungan 1 saat balapan menyisakan empat putaran.

Drama kembali terjadi di lap terakhir, Odaki yang mencoba untuk mengambil alih pimpinan lomba dari Ogiwara malah melintir dan terjatuh. Odaki akhirnya gagal finis.

Veda yang berada di posisi ketiga saat itu memanfaatkan situasi dua pembalap di depan. Pembalap asal Gunung Kidul ini nyaris menabrak Odaki yang melintir.

Veda, pembalap Astra Honda Motor, akhirnya menyentuh garis finis pertama, disusul Ogiwara di podium dua, dan Shinya Ezawa di tempat ketiga. Foto: Bisnjs.com