Gempa Dahsyat Turki M7,8: Korban Meninggal Terus Bertambah 4.300 Orang

Gempa Dahsyat Turki M7,8: Korban Meninggal Terus Bertambah 4.300 Orang

KABARINDO, TURKI - Tim penyelamat berjuang melawan hujan lebat dan salju saat mereka berpacu dengan waktu untuk menemukan korban selamat dari gempa dahsyat di tenggara Turki.

Lebih dari 4.300 orang tewas di Turki dan di perbatasan Suriah ketika gempa terjadi pada dini hari Senin (6/2/2023).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan jumlah korban mungkin meningkat secara dramatis karena penyelamat menemukan lebih banyak korban.

Banyak orang di zona bencana terlalu takut untuk kembali ke gedung.

Menurut Survei Geologi AS, gempa berkekuatan 7,8 skala Richter terjadi pada pukul 04:17 (01:17 GMT) pada Senin (6/2/2023) di kedalaman 17,9 km (11 mil) di dekat kota Gaziantep.

Seismolog mengatakan itu adalah salah satu yang terbesar yang pernah tercatat di Turki, di mana sedikitnya 2.921 orang sekarang diketahui telah meninggal. Para penyintas mengatakan butuh dua menit agar goncangan berhenti.

Getaran selanjutnya berkekuatan 7,5, dan pusat gempa berada di distrik Elbistan di provinsi Kahramanmaras.

Saat gempa susulan berlanjut, beberapa penyelamat menggali puing-puing dengan tangan kosong untuk mencari korban selamat.

TERKINIPEMILU 2024NASIONALMEGAPOLITANINTERNATIONALNUSANTARAINFOGRAFISFOTOVIDEOINDEKS+

International

Hujan Deras Hambat Evakuasi, Korban Meninggal Terus Bertambah 4.300 Orang Usai Gempa Dahsyat M7,8 Guncang Turki

Susi Susanti , Okezone  Selasa 07 Februari 2023 10:44 WIB

Gempa M7,8 mengguncang Turki (Foto: Reuters)

A A A

  •  
  •  
  •  
  •  

0

TOTAL SHARE

 

Di kota Osmaniye, Turki, dekat pusat gempa, hujan deras menghambat tim penyelamat saat mereka mencari melalui puing-puing untuk mencari korban selamat.

Kota itu tanpa listrik saat dingin dan hujan turun.

Satu keluarga berkemah di jalan - meskipun suhu sangat dingin - karena mereka takut gempa susulan akan menyebabkan bangunan lain runtuh.

Setiap kali merasakan gempa susulan, keluarga itu bergerak mendekat ke tengah jalan.

Seorang pemilik hotel di kota itu mengatakan kepada BBC bahwa dari 14 tamu yang menginap malam itu, hanya tujuh yang ditemukan.

Negara-negara di seluruh dunia mengirimkan dukungan untuk membantu upaya penyelamatan, termasuk tim spesialis, anjing pelacak, dan peralatan.

Namun gempa bumi telah menyebabkan kerusakan signifikan pada tiga bandara di seluruh Turki, juga menimbulkan tantangan bagi pengiriman bantuan.

Sedikitnya 1.400 orang kini diketahui telah tewas di Suriah di mana jutaan pengungsi tinggal di kamp-kamp di perbatasan Turki.

Foto: Reuters