Gempa Jepang M7,6: Korban Jiwa Bertambah 92 Orang, 242 Orang Hilang

Gempa Jepang M7,6: Korban Jiwa Bertambah 92 Orang, 242 Orang Hilang

KABARINDO, TOKYO - Tim penyelamat di Jepang berusaha melawan waktu menemukan 242 orang hilang setelah gempa bumi dahsyat pada Hari Tahun Baru. Periode 72 jam yang kritis untuk menemukan korban selamat sejak gempa terjadi berakhir pada Kamis, (4/1/2024) malam.

Pada Jumat, (5/1/2024) jumlah korban tewas akibat gempa berkekuatan M 7,6 di semenanjung Noto yang terpencil meningkat menjadi 92 orang.

Pasukan Bela Diri Jepang menggandakan jumlah pasukan yang ambil bagian dalam penyelamatan dan bantuan menjadi 4.600, kantor berita Kyodo melaporkan.

Banyak orang diperkirakan terjebak di bawah rumah mereka yang runtuh – kebanyakan di kota Suzu dan Wajima. Struktur kayunya tidak dibangun untuk tahan terhadap gempa bumi dahsyat yang sering melanda negara tersebut.

Puluhan ribu warga masih hidup tanpa aliran listrik dan air, sementara ratusan lainnya masih terisolasi dari bantuan karena tanah longsor dan jalan yang diblokir.

“Kami tidak akan menyerah,” kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida setelah pertemuan dengan para pejabat tanggap bencana pada Jumat.

Kishida mendesak para pekerja penyelamat dan bantuan untuk tidak melakukan apa pun yang terlewat dalam menjangkau masyarakat yang terkena dampak.

“Saat terjadi gempa susulan, kami harus berhenti dan meninggalkan beberapa aktivitas medis karena jalan bisa saja runtuh,” katanya kepada BBC.

Gempa bumi pada Senin, (1/1/2024) malam juga memicu tsunami kecil yang membanjiri setidaknya 120 hektar lahan, menurut kementerian pertanahan Jepang.

Jepang mengatakan akan menghabiskan 4,74 miliar yen (sekira Rp507 miliar) sebagai cadangan anggaran untuk membantu para korban.

Foto-foto yang diunggah oleh Pasukan Bela Diri Darat Jepang menunjukkan pasukan memuat makanan, air minum, dan perlengkapan mandi ke truk yang berjejer di jalan. Pasukan juga terlihat membersihkan lumpur dan puing-puing dari jalan yang terkena longsor.

Dalam foto lain, tentara terlihat membawa korban selamat dengan tandu melewati jalan yang tertutup salju.

BBC melihat kerusakan parah saat berkunjung ke Wajima pada Rabu, (3/1/2024) di mana beberapa rumah dan kendaraan hancur tertimpa beton yang runtuh. Banyak rumah kayu tradisional tua di kota itu runtuh.

Kota berpenduduk 23.000 jiwa ini kini menyerupai kota hantu karena sebagian besar orang mengindahkan peringatan evakuasi dini, ketika diperkirakan akan terjadi tsunami.

Foto: Reuters