Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia 2021, Menpora Mendukung

Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia 2021, Menpora Mendukung

KABARINDO, MATARAM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mendukung keputusan Indonesia mundur dari Kejuaraan Dunia BWF 2021.

Hal tersebut disampaikan Menpora saat mengisi kegiatan sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam acara tersebut, Menpora mengatakan bahwa bulu tangkis merupakan cabang olahraga andalan Indonesia.

"Jadi, tidak ada kaitan karena saya tidak sebut (bulu tangkis) di acara pembukaan DBON dengan mundurnya bulu tangkis di Kejuaraan Dunia BWF, melainkan dalam slide video yang saya baca menuliskan itu angkat besi, panahan, dan panjat tebing," ujar Amali.

"Yang saya lihat di gambar itu cuma itu aja tadi, saya tengok kok tidak ada, makanya saya sebut juga bulu tangkis. Tetapi tentang tidak ikut, saya tidak tahu, tapi saya sudah baca alasannya karena pandemi."

Indonesia Mundur

Kejuaraan Dunia BWF 2021 akan diselenggarakan pada 12-19 Desember 2021, di Spanyol.

PP PBSI memutuskan untuk tak mengirim tim Indonesia ke gelaran Kejuaraan Dunia ke-26 tersebut.

Dalam rilis resmi, PBSI mengungkap ancaman varian baru Omicron jadi alasan utama pengunduran diri ini.

Keputusan itu diambil langsung oleh Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna.

Agung mengambil keputusan setelah menerima masukan dan pembahasan dari pengurus, pelatih, dan Kabid Binpres Rionny Mainaky.

"Kami tidak mau mengambil risiko. Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama. Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi dan mereka setuju untuk menarik diri dari kejuaraan dunia," ujar Rionny.

Sumber: Antara
Foto: Antara