Israel Lakukan Pengoboman di Berbagai Wilayah Gaza, Tewaskan 5 Orang Termasuk 3 Anak

Israel Lakukan Pengoboman di Berbagai Wilayah Gaza, Tewaskan 5 Orang Termasuk 3 Anak

KABARINDO, GAZA - Di wilayah selatan Gaza, serangan udara Israel menewaskan tiga anak di sebuah rumah di Khan Younis dan sedikitnya lima orang termasuk tiga anak di sebuah rumah di Rafah.

Di sebelah timur Khan Younis, warga mengatakan mereka melarikan diri dari kota Khuzaa setelah pasukan Israel mulai melakukan serangan di tepi timur wilayah tersebut, melibas pagar perbatasan.

“Pengeboman terjadi di mana-mana, orang-orang meninggalkan tempat itu dengan panik. Ini adalah serangan yang mengejutkan,” kata seorang warga dari Khuzaa kepada Reuters melalui telepon ketika dia dan keluarganya hendak pergi.

Pasukan Israel menyerbu lebih jauh ke Jabalia di Gaza utara pada Selasa (21/5/2024), menyerang sebuah rumah sakit dan menghancurkan daerah pemukiman dengan tank dan pemboman udara. Sementara itu, serangan udara Israel menewaskan sedikitnya lima orang di Rafah di selatan.

Serangan Israel secara serentak di tepi utara dan selatan Jalur Gaza bulan ini telah menyebabkan eksodus baru ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka, dan sangat membatasi aliran bantuan, sehingga meningkatkan risiko kelaparan.

Israel terus melanjutkan operasinya di Rafah di perbatasan selatan Gaza dengan Mesir, di mana lebih dari separuh dari 2,3 juta penduduk wilayah tersebut mencari perlindungan setelah mengungsi dari wilayah yang lebih jauh ke utara.

UNRWA, badan utama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Gaza, memperkirakan pada Senin (20/5/2024) bahwa lebih dari 800.000 orang telah melarikan diri sejak Israel mulai menargetkan kota tersebut pada awal Mei, meskipun ada permintaan internasional untuk menahan diri karena kekhawatiran akan jatuhnya korban sipil.

Pada Selasa (21/5/2024), badan tersebut mengatakan distribusi makanan telah ditangguhkan di Rafah karena kurangnya pasokan dan ketidakamanan.

Israel telah berjanji untuk melanjutkan serangan Rafah untuk membasmi empat batalyon pejuang Hamas yang tersisa yang bersembunyi di sana. Menurut warga, tank-tank menyerbu ke pinggiran timur Rafah di Jeneina, Al-Salam, dan Brasil.

Militer Israel mengatakan selama beberapa hari terakhir bahwa mereka telah mengidentifikasi seorang teroris yang menembakkan mortir ke pasukan Pasukan Pertahanan Israel (IDF), meskipun tidak ada korban luka yang dilaporkan. Dilaporkan bahwa pihaknya telah mengalahkan musuh dengan serangan udara dan menempatkan roket serta peralatan militer tambahan di daerah tersebut.