Kampung Miliarder: Uang Habis, Tak Dapat Pekerjaan, Menyesal Jual Tanah ke Pertamina

Kampung Miliarder:  Uang Habis, Tak Dapat Pekerjaan, Menyesal Jual Tanah ke Pertamina

KABARINDO, JAKARTA- Menyesal menjual tanahnya, walau jadi miliarder dapat uang banyak, mereka tak dapat pekerjaan yang dijanjikan. Kampung miliarder setahun lalu sempat viral.

Warga yang dulu lahannya dibeli pertamina untuk proyek pembangunan kilang minyak kini sudah tak memiliki pekerjaan. Bahkan mereka sempat berunjuk rasa untuk meminta pekerjaan, sebab tanah garapan mereka sudah diambil alih oleh Pertamina.

"Saya warga terdampak kilang minyak, dijual satu meternya satu juta, luasnya ada 133 meter persegi. Dibeli tinggal Rp117 juta," keluh Musanam, di Desa Waduung, Tuban, Jawa Timur, Selasa (25/1/2022). 

Musanam bersama warga lainnya kini sudah tergusur dari tempat tinggalnya karena pembangunan kilang sedang berlangsung. Meski, dia sudah tinggal di rumah gedong yang tampak mewah.

Setelah lahan dan rumahnya tergusur proyek pembangunan kilang minyak Pertamina, dia dan keluarganya tidak punya lahan untuk bercocok tanam. Dia mendapatkan ganti rugi sebesar Rp1 juta per meternya pada 2020 dan sekarang menempati rumah baru.

Uang ganti rugi lahan tersebut digunakan untuk membangun rumah barunya, yang kini sudah dia tempati. Sedangkan anaknya yang dulu juga dijanjikan pekerjaan tak kunjung terealisasi.

Karena hasil penjualan tersebut, Musanam juga kehilangan penghasilan tetapnya sebagai petani. Sebab, lahan pertanian dan rumahnya telah dijual untuk kepentingan proyek nasional pembangunan kilang minyak.

Demi menyambung hidup, setiap hari Musanam hanya mencari rumput untuk tiga sapinya. Sedangkan tiga sapi lainnya telah  dijual untuk makan sekeluarga."Saya sekarang tidak punya pekerjaan sama sekali, ada sapi enam, kini tinggal tiga, buat makan," ungkap dia.

Sumber: IDXChannel

Foto:Hipwee