Kasus Covid-19 Varian Omicron Kedua di China Ditemukan di Guangzhou

Kasus Covid-19 Varian Omicron Kedua di China Ditemukan di Guangzhou

KABARINDO, GUANGZHOU - Omicron mulai terdeteksi di berbagai negara. Pada Rabu (15/12/2021), giliran China yang melaporkan adanya kasus infeski varian baru Covid-19 tersebut.

Menurut otoritas kesehatan Kota Shanghai, ada kasus positif Covid-19 varian Omicron terdeteksi di Kota Guangzhou yang penularannya diduga berasal dari Kanada..

Sumber yang sama menyebutkan bahwa kasus positif itu dialami oleh seseorang yang baru kembali dari Kanada pada Sabtu (27/11/2021).

Pasien pria berusia 67 tahun yang tak disebutkan namanya itu kemudian menjalani karantina di Shanghai. Selama proses tersebut, ia melakoni empat kali tes PCR yang semua hasilnya negatif.

Baca Juga: Real  Madrid Konfirmasi Modrid dan Marcelo Positif COVID-19

Setelah dinyatakan aman, pria itu pulang ke Guangzhou dengan menggunakan pesawat Air China nomor penerbangan CA-1837 pada Sabtu (11/12/2021).

Saat menjalani karantina di rumahnya, pria itu kembali melakukan tes dan hasilnya positif terpapar Covid-19 varian Omicron. Kasus ini pun telah dikonfirmasi Komisi Kesehatan Kota Guangzhou.

Sejak ditemukan kasus tersebut, otoritas kesehatan Kita Shanghai langsung melakukan tes PCR massal terhadap 799 orang. Beruntung, semua hasilnya negatif.

Tes PCR juga dilakukan kepada seseorang dari Provinsi Henan karena menjadi kontak dekat sang pasien kala berada satu penerbangan dari Shanghai menuju Guangzhou.

Pada sisi lain, Perpustakaan Shanghai mulai ditutup untuk umum pada Rabu (15/12/2021) yang diduga terkait dengan kasus penularan Covid-19 varian Omicron ini.

Temuan di Guangzhou ini merupakan kasus kedua Omicron yang terdeteksi di China. Kurang dari 24 jam sebelumnya, kasus pertama ditemukan di Kota Tianjin dan dikategorikan sebagai kasus impor dari Eropa.

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara