Kembali Beredar Kabar Raja Salman Meninggal Dunia, Lagi-lagi Itu Berita Hoax

Kembali Beredar Kabar Raja Salman Meninggal Dunia, Lagi-lagi Itu Berita Hoax

KABARINDO, JAKARTA - Media dibuat geger dengan beredar kabar meninggalnya Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz. Berita ini banyak beredar di media pada Minggu (23/1/2022).

Kabar ini sudah banyak menyita perhatian hingga media luar negeri. Namun dalam media  Mehr News Agency dari Iran dijelaskan bahwa kabar meninggalnya Raja Salman itu tidak benar.

Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali membantah isu meninggalnya Raja Salman tersebut. Ia mengatakan bahwa yang meninggal bukan Raja Salman, melainkan Princess Shitah binti Jalwi Suud bin Abdulaziz.

“Nggak ada itu bohong, saya search di Twitter resmi dewan Kerajaan yang meninggal bukan Raja Salman tapi ada satu princess (putri) namanya yang meninggal princess Shitah binti Halwi Suud bin Abdulaziz,” ungkapnya kepada MNC Portal Indonesia (23/1/2022).

Hal serupa juga diungkapkan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Jeddah Eko Hartono. Ia mengatakan bahwa berita simpang siur atas meninggalnya Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud itu tidak benar.

“Itu kabar meninggal kabar Raja Salman hoaks,” kata Eko kepada republika.co.id, Minggu (23/1).

Pada 2021 silam, Raja Salman juga pernah diisukan meninggal dunia. Kabar ini banyak beredar di media sosial. Namun, ketika ditelusuri melalui Kementerian Informasi dan Informatika RI, ternyata kabar tersebut tidak benar.

Saat itu pihak Kerajaan Arab Saudi pun menepis kabar tersebut dengan merilis sejumlah foto Raja Salman yang sedang menjalankan tugas Kerajaan. Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) mengunggah foto Raja Salman yang sedang memimpin upacara pelantikan Duta Besar Saudi yang baru diangkat ke Ukraina dan Uruguay.

Beberapa bulan setelah itu, sekitar bulan Juli kabar tersebut kembali muncul di media sosial Facebook. Pelaku penyebar berita hoaks tersebut dimulai dari unggahan akun Reza Fauzan.

Ia mengunggah tiga artikel sekaligus, bahkan terdapat postingan yang menjelaskan penyebab kematian Raja Salman, yakni karena kopi. Namun setelah ditelusuri, ternyata Raja Salman hanya masuk rumah sakit setelah menjalani tes terkait kolesistitis atau peradangan pada kantong empedu.

Sumber: Okezone.com, Republica.co.id

Foto: Instagram.com/kingsalman