Liburan Sekolah, Ini Tempat Liburan yang Asik Rekomendasi Menteri Sandiaga Uno, Yuk Simak!

Liburan Sekolah, Ini Tempat Liburan yang Asik Rekomendasi Menteri Sandiaga Uno, Yuk Simak!

KABARINDO, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ketika liburan sekolah telah tiba, maka ia memberikan sejumlah rekomendasi destinasi wisata yang bisa disambangi. Khususnya bagi siswa dan siswi, maka perjalanan pun akan semakin menyenangkan.

Sandiaga mengungkapkan, mengatakan libur sekolah menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Indonesia bersama keluarga.

Selain destinasi wisata di Puncak, Bogor, Jawa Barat, yang selalu menjadi favorit, masyarakat dapat menjajal destinasi unggulan lainnya.

“Berdasarkan data-data yang kita terima ada Bali dan destinasi lainnya yang konsepnya personalizecustomizelocalizesmaller in size. Karena populasi Indonesia banyak di pulau Jawa, maka yang di Jawa akan berlibur sekolah di dekat lokasi mereka tinggal, sekitar 200 sampai 250 kilometer dengan berkendaraan darat sehingga mereka bisa menyikapi harga pesawat yang mahal,” terang Sandiaga.

Lebih lanjut, bagi warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) bisa mengunjungi tiga destinasi andalan, yakni Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta Taman Margasatwa Ragunan.

Kemudian untuk yang di sekitar Jawa Barat, bisa mengunjungi Kota Bandung yang mendapat predikat sebagai daerah dengan wisata kuliner terbaik.

Kabupaten Pangandaran, yang memiliki sejumlah objek pemandangan alam seperti Pantai Pangandaran, Green Canyon, Pantai Batu Hiu.

Selain itu Kabupaten Garut juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan, seperti Kawasan Wisata Cipanas, Pantai Santolo.

Lalu bagi Anda yang berada di Jawa Timur, Bromo menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati para wisatawan. Jawa Tengah terdapat Candi Borobudur, Desa Wisata Candirejo, Desa Wisata Dieng Kulon, dan lainnya. Sementara di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta terdapat Desa Wisata Nglanggeran sebagai salah satu desa wisata terbaik dunia 2021 yang ditetapkan oleh organisasi pariwisata dunia (UNWTO).

Di wilayah Sumatera, Desa Wisata Hilisimaetano, Nias Selatan dapat menjadi pilihan untuk para pelajar untuk memperdalam pengetahuan budaya, karena desa adat ini masih menjaga nilai-nilai leluhurnya. Hingga destinasi super prioritas lainnya yang tidak kalah indah yaitu Mandalika, Sumbawa, dan Likupang.

Sandiaga juga mengingatkan, agar masyarakat yang ingin liburan untuk tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19.

Protokol kesehatan yang sesuai dengan Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2022 harus diterapkan dengan disiplin, karena dengan menjaga protokol kesehatan, kita tidak hanya melindungi diri kita tapi juga melindungi masyarakat luas.

“Kita harus tetap mengingatkan tentang kewaspadaan terhadap kenaikan angka penularan Covid-19. Jadi tetap berwisata namun dengan penuh kewaspadaan dengan protokol yang ketat dan disiplin. Jangan sampai euforia libur sekolah kita lupa menerapkan standar protokol kesehatan yaitu CHSE yang ketat pada destinasi, akomodasi, dan atraksi wisata,” pungkasnya. Foto : Dok. Kemenparrkraf