Liga Inggris Semalam : Berkat Gol Sadio Mane, Liverpool Menang Tipis 2-1 atas Aston Villa

Liga Inggris Semalam : Berkat Gol Sadio Mane, Liverpool Menang Tipis 2-1 atas Aston Villa

KABARINDO, - The Reds -julukan Liverpool sukses meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1 atas Aston Villa dalam laga lanjutan Liga Inggris 2021-2022.

Bermain di Villa Park, Rabu (11/5/2022) dini hari WIB, Aston Villa unggul lebih dahulu berkat gol cepat Douglas Luiz (3’). Namun, Liverpool membalikkan keadaan lewat aksi Joel Matip (6’) dan Sadio Mane (65’).

Liverpool mendapat serangan kejutan dari Villa sejak menit awal pertandingan. Tim tuan rumah nyaris unggul pada menit kedua, jika tendangan keras Ollie Watkins, yang dilesatkan setelah melewati Virgil Van Dijk, tak ditepis oleh Alisson Becker.

Namun, tak lama berselang, Villa benar-benar mampu menjebol gawang pasukan Merseyside Merah lewat Douglas Luiz. Pemain asal Brasil itu mencetak gol dengan sepakannya yang menyambut bola rebound hasil tandukannya yang dihalau oleh Allison.

Akan tetapi, keunggulan tim tuan rumah hanya bertahan tiga menit saja. Pada menit ke-6, Joel Matip berhasil menyamakan kedudukan dengan golnya yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Villa.

Setelah itu, pertandingan terus berlangsung dalam tempo yang cepat. Aliran bola ke pertahanan lawan yang dilancarkan masing-masing tim sama-sama apik.

Hasilnya, pada menit 31, Sadio Mane berhasil menggetarkan gawang Villa. Sayangnya, gol tersebut dianulir oleh wasit karena Luis Diaz yang memberikan umpan padanya sudah terlebih dulu berada dalam posisi offside.

Semenit sesudahnya, Philippe Coutinho menebar ancaman bagi mantan klubnya. Dia melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti yang menjadi ciri khasnya, tapi masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Sampai turun minum tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-1 mengakhiri 45 menit pertama pertandingan.

Mengincar kemenangan, Liverpool langsung mengambil inisiatif menyerang pada awal babak kedua. Mereka pun nyaris unggul lewat tendangan bebas Trent Alexander-Arnold yang masih melebar tipis di sisi kiri gawang.

Di sisi lain, Villa juga tak kalah apik dari The Reds. Armada Steven Gerrard berani keluar untuk menyerang dan beberapa kali mengancam pertahanan lawan lewat pergerakan Coutinho dan Danny Ings.

Terus menekan, akhirnya pasukan Merseyside Merah berhasil membalikkan keadaan pada menit 65 lewat Sadio Mane. Mantan pemain Southampton itu menorehkan gol dengan tandukannya yang memaksimalkan crossing Luis Diaz dari sisi kiri pertahanan Villa.

Dua menit kemudian, Ings memperoleh dua kesempatan di kotak penalti Liverpool usai lepas dari penjagaan Van Dijk. Namun sayang, mantan striker Liverpool itu tak mampu melepaskan tembakan karena Allsson sangat sigap keluar dari sarangnya untuk menyambut bola.

Setelah itu, pertandingan terus berjalan seru dan menarik. Kedua tim saling jual beli serangan dalam tempo permainan yang tinggi.

Pada menit 82, Naby Keita melesatkan tendangan jarak jauh yang sangat apik. Akan tetapi, bola yang meluncur deras dari luar kotak penalti itu masih belum tepat sasaran.

Tak menyerah begitu saja, tim tuan rumah balas menebar bahaya di lini pertahanan The Reds semenit setelahnya. Namun, sepakan Ings dari dalam kotak penalti lagi-lagi bisa ditepis oleh Alisson.

Akan tetapi, tak lama berselang Ings sukses menggetarkan jala mantan klubnya itu. Sayangnya, dia terperangkap dalam jebakan offside sebelum melepaskan tendangan setengah voli yang tak mampu dihalau Alisson.

Setelah itu, Villa terus menggempur pertahanan Liverpool. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada gol penyeimbang yang berhasil mereka dapatkan. Alhasil, tim tamu sukses mengamankan kemenangan dengan skor tipis 2-1. Foto : Reuters

Susunan pemain Aston Villa vs Liverpool:

Aston Villa (4-3-1-2): Emiliano Martinez; Matty Cash, Ezri Konsa, Tyrone Mings, Lucas Digne; Douglas Luiz, Marvelous Nakamba, John McGinn; Philippe Coutinho; Danny Ings, Ollie Watkins.

Cadangan: Robin Olsen, Ben Chrisene, Calum Chambers, Ashley Young, Emiliano Buendia, Bertrand Traore, Morgan Sanson, Carney Chukwuemeka, Tim Iroegbunam.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Joel Matip, Kostas Tsimikas; Curtis Jones, Fabinho, Naby Keita; Luis Diaz, Diogo Jota, Sadio Mane.

Cadangan: Caoimhin Kelleher, Ibrahima Konate, Joe Gomez, Roberto Firmino, Mohamed Salah, Thiago, James Milner, Divock Origi, Jordan Henderson.