Luncurkan Kampanye Medtravel di Indonesia, Tourism Selangor Tawarkan Wisata Medis yang Komprenhensif

Luncurkan Kampanye Medtravel di Indonesia, Tourism Selangor Tawarkan Wisata Medis yang Komprenhensif

Luncurkan Kampanye Medtravel di Indonesia, Tourism Selangor Tawarkan Wisata Medis yang Komprenhensif

Perkenalkan layanan medis terbaik di MHExpo Surabaya, hadirkan 10 rumah sakit

Surabaya, Kabarindo- Setelah sukses menyelenggarakan MHExpo Surabaya pada Mei 2024 lalu, kali ini Malaysia Healthcare bersama Tourism Selangor mengadakan pameran wisata medis MHExpo Selangor Week 2024 pada 1- 4 Agustus 2024 di Tunjungan Plaza 6, Surabaya.

Sebagai pelopor pameran wisata medis dari Malaysia, MHExpo Surabaya kali ini menghadirkan 10 rumah Sakit di Selangor sekaligus meluncurkan kampanye MedTravel Selangor dengan slogan Liburan Sehat, Ya di Selangor aja!

Rumah sakit yang berpartisipasi dalam pameran tersebut yaitu Avisena Healthcare, GHHS Healthcare, KPJ Healthcare, AK Aero Medical, Alpha IVF & Women’s Specialist, KPMC (Kajang Plaza Medical Centre), MSU Medical Centre, Subang Jaya Medical Centre, Sunway Medical Centre, Top Vision.

Pameran Wisata Medis MHExpo merupakan komitmen Malaysia Healthcare dan Tourism Selangor untuk menonjolkan wisata medis yang merupakan salah satu segmen pariwisata penting di Malaysia, khususnya di Negara Bagian Selangor. Selangor memiliki lebih dari 50 rumah sakit dan pusat kesehatan yang menawarkan layanan medis khusus, termasuk pemeriksaan kesehatan, kesuburan / bayi tabung, pencernaan, kanker, tulang, jantung, mata dan pengobatan penyakit menular.

dr. Mohamed Ali bin Abu Bakar, Chief Executive Officer MHTC, mengatakan MHExpo Selangor memberikan pilihan bagi masyarakat Indonesia dalam mencari perawatan medis yang lebih dekat dan lebih terjangkau. Perawatan yang paling umum dilakukan oleh WNI di Malaysia adalah kanker, tulang, pencernaan, mata, jantung dan medical check-up.

“Perawatan medis di Malaysia memiliki harga yang kompetitif, menjadikannya tujuan yang sangat menarik bagi masyarakat Indonesia yang mencari layanan kesehatan yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas. Melalui pameran ini, kami bertujuan untuk memastikan masyarakat Indonesia dapat mengakses perawatan medis yang lengkap dan informatif,” ujarnya.

Dato' Seri Amirudin Shari, Menteri Besar Selangor, menyatakan rumah sakit di Selangor memiliki teknologi medis yang maju dan modern serta dioperasikan oleh para profesional medis yang berkualifikasi tinggi.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman wisata medis yang luar biasa dengan fokus pada layanan yang ramah,” ujarnya.

Amirudin menambahkan, wisatawan Indonesia akan menerima layanan dan kemudahan ketika berkunjung ke Selangor. Terdapat 354 penerbangan per minggu ke Selangor dari berbagai kota di Indonesia yang menawarkan 63.857 tempat duduk setiap minggunya,

“Hal ini membuat akses ke Selangor sangat mudah bagi wisatawan kesehatan untuk mendapatkan rawatan berobat sambil menikmati percutian mereka di sini,” ujarnya.

Malaysia menjadi pilihan bagi banyak warga Indonesia untuk berwisata maupun berobat, karena jarak yang dekat, budaya, bahasa dan makanan yang mirip serta harga terjangkau,

“Di Selangor, para wisatawan medis bisa menemukan banyak rumah sakit berkelas international, juga destinasi wisata yang indah dan menarik,” ujar Amirudin.

Wisata medis di Selangor mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan menarik 64,49 juta pasien dari luar negeri dan 87,98 juta wisatawan kesehatan. Pada 2023, Selangor mencatat masuknya wisatawan asal Indonesia tertinggi, sebanyak 168.116 orang yang meningkat sebesar 62,5% dari tahun 2022 sebanyak 103.448 orang.

Untuk melengkapi fasilitas dan kemudahan berobat ke Selangor, Tourism Selangor juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Avisena Healthcare, GHHS Healthcare dan KPJ Healthcare. Kerja sama ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan medis untuk melakukan opsi kedua berobat ke Selangor.