Max Verstappen Juara Dunia F1 2022 di Jepang

Max Verstappen Juara Dunia F1 2022 di Jepang

KABARINDO, SUZUKA - Akhirnya kembali pembalap Red Bull Racing Max Verstappen tampil sebagai juara pertama balap mobil Formula 1 Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu, 9 oktober 2022.

Hasil ini sekaligus membawa pembalap asal Belanda itu memenangi gelar juara dunia keduanya secara berturut-turut.

Verstappen dinobatkan sebagai juara dunia musim 2022 setelah Charles Leclerc (Ferrari), rival terdekatnya dalam perburuan gelar juara dunia musim 2022, mendapatkan hukuman penalti 10 detik karena dianggap keluar lintasan saat berduel dengan Sergio Perez (Red Bull Racing) di tikungan terakhir menjelang finis.

Leclerc yang semula finis P2 mundur ke P3 setelah hukuman penalti tersebut. Perez naik ke P2.

Dengan tambahan 25 poin ini, Verstappen kini mengumpulkan total 366 poin. Sedangkan Leclerc yang finis di posisi ketiga mendapatkan tambahan 15 poin (total saat ini 252 poin).

Sedangkan Perez di posisi kedua klasemen sementara dengan total 253 poin.

Dengan situasi di atas, Perez dan Leclerc tidak akan lagi mampu mengejar perolehan poin Verstappen di sisa empat seri terakhir.

Max Verstappen kini menyamai perolehan Fernando Alonso dengan mendapatkan dua kali juara dunia Formula 1.

Gelar juara dunia Verstappen ini juga terasa istimewa karena direbut di Grand Prix Jepang, markas Honda yang menjadi pemasok mesin bagi tim Red Bull Racing.

Di GP Jepang ini, Honda juga kembali menegaskan dukungannya untuk tim Red Bull dan AlphaTauri hingga musim 2025. Hal ini ditegaskan dengan pemasangan kembali logo Honda pada mobil Red Bull dan AlphaTauri di GP Jepang. Foto: AP Photo