May Day Hari Ini: Ratusan Ribu Buruh akan Kepung Istana dan MK!

May Day Hari Ini: Ratusan Ribu Buruh akan Kepung Istana dan MK!

KABARINDO, JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengklaim, ratusan ribu buruh bakal turun ke jalan memperingati May Day pada 1 Mei 2023 hari ini.

Said mengatakan, nantinya pada pukul 09.30-12.30 WIB massa aksi bakal mengepung Istana Negara serta Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jumlah massa yang akan terlibat dalam aksi se-Jabodetabek di Istana dan Gedung MK adalah 50-100 ribu, kami merencanakan 100 ribu orang," ujar Said dalam keterangannya, dikutip Senin (1/4/2023).

Nantinya, lanjut Said, massa aksi akan melakukan unjuk rasa pada pukul 09.30 WIB hingga 12.30 WIB. Setelah itu, massa akan bergerak dengan menggunakan bus dan kendaraan lainnya ke Istora Senayan. Di Istora Senayan, akan dilakukan Mayday Fiesta.

Selain 38 provinsi, ada ratusan kabupaten/kota akan mengikuti aksi Mayday 2023. Dipastikan ribuan buruh akan melakukan aksi Mayday seperti di Surabaya lebih dari 10 ribu buruh di depan Gedung Grahadi, lalu di Semarang, dan di Batam ribuan buruh akan aksi di depan Kantor Walikota.

Kemudian di Medan, depan Kantor Gubernur Sumatera Utara akan ada ribuan buruh yang beraksi, Makassar, Banjarmasin, dan Pontianak, serta berbagai kota lain. Semua di daerah rata-rata aksinya akan digelar di depan kantor gubernur," pungkasnya.