Mempora RI Zainudin Amali Dukung M Iqbal dan Eriko ke Hungaria: Semoga Sukses di Sana dalam Menimba Ilmu Sepakbola!!

Mempora RI Zainudin Amali Dukung M Iqbal dan Eriko ke Hungaria: Semoga Sukses di Sana dalam Menimba Ilmu Sepakbola!!

KABARINDO, JAKARTA - Dua pemain Timnas Indonesia U-16  yakni M Iqbal Gwijangge dan Eriko Sulastiano berkesempatan menjalani trial di Puskas Academia, Hungaria.

Kedua pemain itu berangkat ke Hungaria berkat hasil kerja sama antara PSSI, Kemenpora, dan Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia).

Hari ini, Senin (30/1/2023) M Iqbal dan Eriko diterima oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Kedatangan mereka ke kantor Kemenpora untuk diberikan semangat dan doa kepada mereka yang sore ini terbang ke Hungaria.

"Program ini sangat bagus, kerja sama antara PSSI dan Kadin. Kami pemerintah tentu memberikan dukungan dan dorongan agar keduanya bisa sukses di sana dalam menimba ilmu," kata Zainudin dikutip dari pssi.org.

M. Iqbal Gwijangge dan Eriko Sulaatiano

Sementara itu, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan bahwa dengan program itu, PSSI sangat diuntungkan.

"Mudah-mudahan, kedua pemain bisa mengambil manfaat dari penimbaan ilmu di sana. Iqbal dan Eriko menjadi unggulan dari hasil seleksi yang dilakukan oleh Kadin," kata Indra Sjafri.

"Iqbal merupakan pemain Timnas Indonesia U-16 sekaligus kapten yang membawa timnya juara Piala AFF U-16 tahun lalu. Sementara itu, Eriko adalah pencetak gol terbanyak sekaligus pemain terbaik Elite Pro Academy U-16," jelas Indra Sjafri.

Perwakilan dari Kadin Irawadi Hanafi menyebutkan ini adalah kelanjutan dari kunjungan Perdana Menteri Hungaria.

"Mereka menawarkan program beasiswa di sana (Puskas Academia), selama 6 bulan. Mohon doa supaya kedua pemain ini betah di sana," kata Irawadi.

Di sisi lain, Iqbal dan Eriko mengucapkan terima kasih.

"Terima kasih kepada Kemenpora, PSSI dan Kadin. Semoga kami berdua bisa dapat menimba ilmu di sana dan membawa yang terbaik sebagai bekal ilmu sepak bola kami di sini," kata keduanya.

Dikutip dari laman PSSI, ucapan terima kasih juga diungkapkan Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan.

Iqbal dan Eriko akan berlatih di Puskas Akademia, Hungaria, selama enam bulan, terhitung mulai dari Januari hingga Juli 2023.

"Saya berterima kasih kepada Kadin yang menginisiasi kerja sama dengan PSSI untuk bisa memberangkatkan pemain muda yang memiliki talenta bagus untuk ditempa di Puskas Akademi, Hongaria," kata Iriawan dikutip dari pssi.org.

Saat ini memang, tercatat baru dua pemain yang diberangkatkan. Namun, tak menutup kemungkinan ke depannya akan terus bertambah.

"Terima kasih juga saya ucapkan kepada tim kepelatihan, terutama Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri yang telah menyeleksi pemain untuk diberangkatkan serta duta besar Hongaria yang turut membantu terlaksana kerja sama ini dengan baik dan khususnya kepada Ketua Kadin," papar Iriawan.

"Kami juga mengucapkan terima kasih dan kami pun berharap masih banyak pemain-pemain muda kita yang nantinya bisa menimba ilmu di akademi-akademi bagus lainnya," tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut. 

Kepada Iqbal dan Eriko, Iwan Bule berpesan untuk bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu di Puskas Akadem dan berharap keduanya menjadi pemain hebat dimasa mendatang. Foto: Orie Buchori / Kabarindo.com