Menang Dramatis 3-2 atas Persiraja, Malut United Melenggang ke Liga 1 Musim Depan!

Menang Dramatis 3-2 atas Persiraja, Malut United Melenggang ke Liga 1 Musim Depan!

KABARINDO, JAKARTA - Akhirnya, tiket terakhir promosi ke Liga 1 diraih Malut United. Laskar Kie Raha menang dramatis 3-2 atas Persiraja Banda Aceh lewat laga dramatis saling berbalas gol.

Malut United tampil menggebrak sejak awal laga di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu (9/3/2024). Pada menit ke-4, Malut United mendapatkan peluang emas lewat Bagus Nirwanto.

Namun sayang kurangnya koordinasi antara pemain Malut United membuat bola masih melebar ke sisi kanan gawang Persiraja Banda Aceh yang dijaga ketat oleh M.Fahri.

Eksekusi tendangan bebas didapat Malut United yang dieksekusi Alwi Selamat. Tendangan Alwi Slamat yang mengarah ke gawang Persiraja Banda Aceh langsung diamankan oleh Zikri Ferdiansyah.

Baru pada menit ke-20, Persiraja mendapatkan sebuah kesempatan lewat aksi Andik Vermansah yang menerobos lini pertahanan Malut United. Sayangnya, bola yang mengarah ke gawang Malut United belum bisa dimanfaatkan oleh pemain Persiraja Banda Aceh yang lain.



Malut langsung membalas lagi, lewat tendangan bebas langsung yang dieksekusi oleh Aditya Putra Dewa. Tendangan kaki kiri Aditya Putra Dewa bisa digagalkan oleh pemain Persiraja Banda Aceh.

Pemain Malut United Finky Pasamba melakukan pelanggaran kepada pemain Persiraja Banda Aceh Mahamane Toure. Pelanggaran itu membuahkan penalti buat Persiraja.

Eksekusi penalti diambil oleh Zikri Ferdiansyah, tendangan kaki kanan sukses membobol Malut United yang dijaga ketat oleh Ray Redondo. 1-0 Persiraja ungguli Malut United pada menit ke-31.

Di akhir babak pertama giliran Persiraja yang mendapat hadiah penalti. Frets Butuan yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik untuk membawa skor menjadi 1-1.

Di awal babak kedua, Malut melanjutkan permainan agresifnya. Tercatat ada tiga peluang emas yang didapatkan tim asuhan Imran Nahumarury.

Ada peluang satu lawan satu Jose Wilkson yang berhasil diamankan kiper Muhammad Fahri. Sang kiper juga sukses menahan dua peluang berikutnya yang didapat Wawan Febrianto dan Frets Butuan.

Sementara Persiraja sesekali melakukan serangan sporadis. Salah satunya upaya dari Yasvani Yusri yang masih belum membuahkan hasil pada menit ke-64.

Tak ada gol tambahan yang tercipta sampai waktu normal berakhir. Skor imbang 1-1 bertahan sehingga pemenangnya akan ditentukan lewat extra time alias babak tambahan 2 X 45 menit.

Di awal extra time babak pertama, Persiraja berhasil unggul 2-1. Ramadhan mencetak gol sundulan keras seusai menyambut umpan silang akurat dari Yasvani Ysuri.

Tapi Malut United kembali tampil menyerang setelah gol itu dengan terus meneror pertahanan Persiraja. Namun upaya dari Jose Wilkson hingga Dave Mustaine melenceng atau berhasil dihalau pertahanan Persiraja.

Usaha Malut akhirnya membuahkan hasil menjelang akhiri babak pertama extra time. Dave Mustaine melepas tendangan keras setelah menerima bola dari Jose Wilkson untuk mengubah skor menjadi 2-2.

Persija kemudian harus bermain dengan 10 pemain setelah Defri Rizki diusir wasit. Eks Persija Jakarta itu mendapat kartu kuning keduanya meski baru turun di akhir waktu normal.

Di babak kedua extra time, Malut berhasil berbalik unggul 3-2. Kali ini Jose Wilkson yang mencatatkan namanya di papan skor.

Skor 3-2 bertahan sampai babak extra time kelar. Hasil ini bikin Malut United merebut tiket promosi terakhir ke Liga 1 musim depan.

Susunan pemain

Malut United: 96-Aldhila Ray; 3-Bagus Nirwanto, 94-Jeong Ho-min, 4-Rio Saputro (Donni Harold Monim 96'), 28-Aditya Putra (Saddam Hi Tenang 69'); 88-Alwi Slamat, 19-Pramoedya Putra (M. Rafly I. Selang 19', Ilham Udin 46'), 15-Finky Pasamba; 32-Wawan Febrianto (Dave Mustaine 61'), 22-Hari Nur (Jose Wilkson 46'), 72-Frets Butuan

Persiraja Banda Aceh: 71-Muhammad Fahri; 22-Yasvani, 6-Muhammad Revan, 15-Zikri Ferdiansyah (Nurhidayat Haji Haris 66'), 17-Agus Suhendra (Arif Setiawan 55'); 97-Adam Maulana, 16-Muammar Kadafi (Karimov Usher Ugli 112'), 25-Muhammad Rizky; 70-Andik Vermansah (Defri Rizki 90'), 29-Mahamane Malienne (Ramadhan 55'), 14-Al Muzani (David Laly 61')