Mendukung Peningkatan Kebun Gizi, Warga Kismoyoso ikuti Sosialisasi Budikdamber dan Sukses Ternak Lele oleh Tim KKN UNS

Mendukung Peningkatan Kebun Gizi, Warga Kismoyoso ikuti Sosialisasi Budikdamber dan Sukses Ternak Lele oleh Tim KKN UNS

KABARINDO, BOYOLALI - Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) yang terdiri dari kelompok 46 dan 47 melaksanakan kegiatan sosialisasi Budikdamber dan Sukses Ternak Lele di Desa Kismoyoso, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (5/8/2023), dihadiri oleh warga desa Kismoyoso terutama Ibu-Ibu PKK induk desa.

Sosialisasi terbagi menjadi dua topik yaitu pengenalan Budikdamber dan Sukses Ternak Ikan Lele. Kegiatan sosialisasi didasari guna mendukung ketahanan pangan dan pencegahan stunting serta peningkatan fasilitas kebun gizi yang terdapat di Desa Kismoyoso. 

Budikdamber atau Budidaya Ikan dalam Ember menjadi solusi potensial bagi budidaya perikanan terutama untuk kebun gizi yang berada di Desa Kismoyoso yang memiliki keterbatan lahan. Pemilihan Ikan lele untuk dibudidayakan karena ikan lele memiliki daya tahan kuat dan perawatan yang relatif mudah. Selain itu untuk meningkatkan produksi makanan dan meningkatkan gizi masyarakat.

Pengenalan Budikdamber menghadirkan pembicara Gatot Birowo, S.E selaku pelaku penggiat budikdamber Sukoharjo dan Muh. Jauhar Nafis selaku peternak ikan lele di Desa Kismoyoso.

Setelah adanya pemaparan materi oleh pembicara dilanjutkan sesi praktik budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), dimana alat dan bahannya sudah dipersiapkan oleh TIM KKN. Kegiatan sosialisasi berjalan dengan baik dan mendapat antusiasme warga dengan adanya diskusi dua arah dari para pembicara dan warga masyarakat Kismoyoso. Warga yang hadir tidak ragu bertanya dan berbagi pengalaman yang dialami dalam budidaya ikan dan pemeliharaan kebun gizi.

Setelah kegiatan berlangsung, budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) diterapkan di Kebun Gizi Lembayung RT 03 RW 07, Tambas, Kismoyoso. Diharapkan Budikdamber yang diterapkan di Kebun Gizi Tambas ini dapat menjadi contoh dan diterapkan di kebun gizi lainnya. Foto: Istimewa