Mengintip Isi Museum Masa Depan Dubai yang Fantastis

Mengintip Isi Museum Masa Depan Dubai yang Fantastis

KABARINDO, DUBAI – Tak kalah dengan tampilan luar fisik bangunannya yang memukau banyak orang, bagian dalam Museum Masa Depan Dubai menawarkan pengalaman yang fantastis bagi para pengunjungnya.

Museum terbaru di Uni Emirat Arab itu menawarkan pengalaman multi-indera yang didukung oleh teknologi terbaru dengan realitas maya dan tertambah (virtual-augmented reality), serta kecerdasan buatan (AI).

Situs web resmi museum berlantai tujuh itu menggambarkan setiap lantainya seperti "set film dari masa depan yang dapat Anda huni, jelajahi, dan berinteraksi dengannya".

Artikel terkait: Bangunan “Terindah di Bumi” Resmi Dibuka

Bulan Baru

Apabila wisata ke bulan hanya dapat dirasakan segelintir multi-miliarder di dunia, kini pengunjung Museum of The Future bisa mendapatkan pengalaman ‘berlayar’ ke stasiun luar angkasa 600 km di atas bumi, dan ‘menyaksikan’ bagaimana bulan dapat diubah menjadi sumber energi terbarukan untuk seluruh planet,” tulis laman museum itu.

Penjelajah Baru

Di area ini pengunjung dapat menjelajahi stasiun luar angkasa dan mempelajari tentang komunitas perintis dunia baru yang tinggal dan bekerja di sana.

Amazon Digital

Hutan hujan virtual Amazon di museum ini memungkinkan pengunjung mengamati interaksi ratusan spesies dan detail mikroskopisnya.

Gudang Kehidupan

Museum ini juga memiliki semacam perpustakaan DNA dari ribuan spesies, yang memberi kesempatan bagi pengunjung untuk ‘menemukan’ spesies baru. Selain itu, pengunjung dapat berpartisipasi menangani rusaknya lingkungan akibat perubahan iklim.

Spa untuk Indra

Setelah lelah terus-menerus terkoneksi dengan teknologi, pengunjung dapat menjelajahi ‘spa untuk indra’ agar “terhubung kembali ke pikiran, tubuh, dan jiwa Anda.”

Pusat

Untuk area ini, museum menghadirkan “Efek restoratif dari gerakan, meditasi, dan air” dengan membenamkan diri dalam getaran yang menyeimbangkan kembali medan elektromagnetik dan memulihkan ritme alami kita.”

Pahlawan Masa Depan

Ini adalah ruang khusus Museum of the Future untuk anak-anak. Tiga pengalaman utama di sini – Bayangkan, Rancang, dan Bangun – “memberi anak-anak kesempatan untuk bermain dan belajar melalui aktivitas yang mendorong komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas”.

Museum canggih ini gratis untuk anak-anak, kaum difabel, dan para lansia. Bila Anda tertarik, tiket masuknya seharga kurang lebih Rp570.000, dan dapat dipesan secara daring.

***(Sumber dan foto: Khaleej Times)