Menpora Dito Ariotedjo: Pemerintah Berkomitmen Berikan Hak yang Sama kepada Seluruh Atlet Indonesia

Menpora Dito Ariotedjo: Pemerintah Berkomitmen Berikan Hak yang Sama kepada Seluruh Atlet  Indonesia

KABARINDO, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan pemerintah berkomitmen memberikan ruang dan hak yang sama kepada seluruh atlet di tanah air.

 

Hal itu disampaikan Menpora Dito saat memberi sambutan pada pengukuhan dan pelepasan delegasi Indonesia untuk mengikuti Special Olympic World Summer Games (SOWSG) 2023 Berlin, di auditorium Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Sabtu sore.

 

"Pemerintah melalui Kemenpora terus berupaya dan berkomitmen untuk memberi ruang dan hak yang sama untuk berolahraga, termasuk untuk berprestasi, tanpa membeda-bedakan," kata Dito.

 

Selain itu Menpora Dito juga berpesan kepada delegasi Indonesia yang akan bertanding di Berlin, untuk tidak sekadar mengejar kemenangan, melainkan untuk dapat memberikan penampilan terbaik.

 

"Keikutsertaan kontingen ini ke Jerman jangan semata-mata ingin menang saja, tetapi lebih pada menunjukkan kemampuan terbaik, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan talenta dan kemampuan," ucapnya.

 

Menpora Dito juga berharap partisipasi ini dapat menginspirasi para pemilik talenta khusus untuk dapat mengembangkan diri dan kepercayaan diri, serta sadar bahwa kelebihannya itu merupakan suatu hal positif.

 

SOWSG 2023 Berlin merupakan ajang Olimpiade khusus (Special Olympics) edisi ke-16. Ajang itu sendiri diikuti oleh para atlet penyandang disabilitas intelektual.

 

Pada keikutsertaan kali ini, delegasi Indonesia mengirimkan 22 atlet, serta total kontingen sebanyak 35 orang. Mereka akan berkompetisi dengan atlet-atlet lain dari 190 negara peserta. Foto: Orie Buchori/Kabarindo.com