Menpora Dito: Rakornas Kepemudaan dan Keolahragaan 2023 Jadi Sarana Membangun Olahraga, Olahrasa, dan Olahkarya

Menpora Dito: Rakornas Kepemudaan dan Keolahragaan 2023 Jadi Sarana Membangun Olahraga, Olahrasa, dan Olahkarya

KABARINDO, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepemudaan dan Keolahragaan 2023 menjadi sarana konsolidasi dan optimalisasi pelayanan kepemudaan dan keolahragaan di Indonesia.

"Saya berharap momentum ini untuk menggalang kembali semangat gotong royong membangun olahraga, olahrasa, dan olahkarya bangsa Indonesia," jelas Menpora Dito, Jumat (8/9/2023) saat pembukaan Rakornas di Stadion Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.

Menpora Dito mengatakan bahwa, tujuan dari Rakornas yang digelar kali pertama ini untuk menciptakan pembangunan pemuda yang tangguh dan mengawal ekosistem keolahragaan Indonesia agar menjadi lebih maju.

Karenanya peserta Rakornas ini adalah seluruh pemangku kepentingan di bidang Kepemudaan dan Keolahragaan di seluruh Indonesia. 

"Ini Rakornas perdana pemuda dan olahraga, jadi kita usahakan ini menjadi gebrakan dan juga ada follow up yang baik dari daerah. Saya juga memberikan undangan kepada seluruh stakeholder kepemudaan untuk berkolaborasi baik dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah." Ucapnya. 

Pembukaaan Rakor Kepemudaan dan Keolahragaan 2023 dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Muhadjir Effendy.

Rakor Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2003 yang mengusung tema "Pemuda Tangguh, olahraga Maju" ini merupakan bagian dari puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 tahun 2023 yang selalu diperingati pada 9 September setiap tahunnya. 

Pada Rakornas kali ini juga akan membahas berbagai isu strategis antara lain sosialisasi dan pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Rencana Aksi Daerah (RAD) pelayanan kepemudaan.  

Selain itu akan dibahas terkait peningkataan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) secara nasional, juga isu-isu terkini mengenai perkembangan pembangunan kepemudaan dan keolahragaan. 

Rangkaian acara pembukaan Rakornas diikuti dengan peluncuran laporan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Tahun 2023 dan pemberian penghagraan kepada provinsi dengan IPP tertinggi. 

Selain itu juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesian (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). 

Penandatanganan komitmen bersama juga dilakukan Kemenpora RI bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) tentang pelaksanaan Tridarma Ekakarma di Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan. 

Semakin menarik juga akan ditayangkan video aplikasi "Kawal Pora" yang merupakan aplikasi pengawasan dan pendampingan bantuan dari Kemenpora kepada organisasi keolahragaan yang dapat diakses langsung oleh masyarakat. Foto: Orie Buchori/KABARINDO.com