Menpora Zainudin Amali Resmi Buka Kongres Biasa PSSI 2023 di Hotel Sultan Jakarta

Menpora Zainudin Amali Resmi Buka Kongres Biasa PSSI 2023 di Hotel Sultan Jakarta

KABARINDO, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka secara resmi kongres biasa PSSI 2023 di Hotel Sultan, Senayan,  Minggu (15/1/2023.

Pembukaan kongres ini diawiali dengan kata sambutan yang dilanjutkan  dengan pemukulan gong oleh Menpora Amali yang didampingi pula oleh Ketua Umum PSSI, H. Mohamad Iriawan (Iwan Bule), Letjen (Purn) Marciano Norman, KONI Pusat, NOC Indonesia, hingga delegasi dari FIFA.

Pada kegiatan ini ada sejumlah agenda seperti pengesahan laporan aktivitas serta keuangan 2022, rencana program serta anggaran 2023 dan penetapan susunan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Kongres ini akan diikuti 87 delegasi yang mempunyai hak suara. Selain itu, ada agenda penetapan anggota Komite Pemilihan  (KP) dan Komite Banding Pemilihan  (KBP).

Nantinya KP dan KBP terpilih akan bekerja untuk memproses menuju Kongres Luar Biasa (KLB) pemilihan Ketua Umum (Ketum), Wakil ketua Umum (Waketum), dan anggota Komite Eksekutif (Exco) pada 16 Februari 2023.

Seperti sudah diketahui 2 kandidat calon Ketum yang sudah mendaftar adalah Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti dan Menteri BUMN Erick Thohir, sedangkan Waketum yang mendaftar baru Ratu Tisha.

KLB itu menjawab desakan publik sepak bola Indonesia yang meminta perombakan kepengurusan PSSI. Hal akibat targedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan korban jiwa.

Para delegasi yang mempunyai hak suara sudah bisa melakukan proses registrasi pada Sabtu (14/1/2023). Foto: Orie Buchori/Kabarindo.com