Merah Putih Fund Akan Difokuskan ke Startup Soonicorn

Merah Putih Fund Akan Difokuskan ke Startup Soonicorn

KABARINDO, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMNErick Thohir mengungkap bahwa program Merah Putih Fund akan fokus pada pendanaan untuk startup yang masih bervaluasi 200 juta dolar AS atau yang disebut soonicorn (soon to be unicorn).

"Saya melihat apa kekuatan kita di BUMN yakni kembali di korporasi, makanya kita fokus di pendanaan. Untuk pendanaannya pun kita juga berfokus kepada soonicorn yakni startup-startup dengan valuasi 200 juta dolar AS dan belum menjadi unicorn," ujar Menteri BUMN Erick Thohir, Rabu (15/12/2021).

Erick Thohir menilai bahwa banyak soonicorn potensial yang sulit berkembang karena kurangnya pendanaan.

Baca Juga: Sinovac Diberikan untuk Anak-anak, Remaja dan Dewasa Diminta Pakai Vaksin Jenis Lain

"Padahal startup soonicorn ini merupakan tahap awal menuju unicorn, di mana kita melihat jumlah unicorn nasional pun belum maksimal. Masih banyak yang memiliki potensi. Kalau prediksi dari kita 25 unicorn masih berpotensi untuk diwujudkan," kata Erick Thohir.

Erick Thohir juga mengungkapkan kekhawatirannya soal tenaga kerja dari perusahaan-perusahaan baru yang terkadang masih diisi oleh tenaga asing.

"Ini yang kita melihat, kita memiliki pemikiran awal. Namun ada kekhawatiran dari saya pada waktu itu bahwa betul kita menciptakan pengusaha baru, tapi untuk talenta digitalnya jika diisi oleh tenaga asing, maka itu yang membuat saya mengambil posisi yang keras jangan sampai pengusaha barunya kita bangun, namun di level menengahnya tenaga-tenaga asing yang mengisi. Itu sama saja bohong," ujar Erick Thohir.

Oleh karena itu tercetus ide untuk kolaborasi tidak hanya dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, akan tetapi juga dengan sektor swasta yang memang memiliki pengalaman di bidang itu.

"Saya sangat optimistis, apalagi mendapatkan dukungan dari Bapak Presiden Joko Widodo dan bahkan beliau memiliki visi yang lebih besar lagi ketika kita bicara korporasi, Bapak Presiden RI sudah bicara mengenai e-government. Ini hal-hal yang saya rasa kita harus pastikan bahwa program ini bisa berjalan dan InsyaAllah program ini jalan," kata Erick Thohir.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan Presiden Joko Widodo akan meluncurkan Merah Putih Fund yang merupakan program untuk memberikan pendanaan untuk startup lokal.

Erick Thohir menambahkan Merah Putih Fund akan diluncurkan dengan tiga benang merah yakni pendirinya orang Indonesia, beroperasional di Indonesia, dan terakhir go public-nya di Indonesia.

Sumber berita: Antara

Foto: Antara