Perang Hamas - Israel: Korban Jiwa Hampir Tembus 1700 Orang

Perang Hamas - Israel: Korban Jiwa Hampir Tembus 1700 Orang

KABARINDO, YERUSALEM/GAZA - Israel menggempur Jalur Gaza pada Selasa, (10/10/2023) dengan serangan terdahsyat dalam 75 tahun sejarah konfliknya dengan Palestina. Serangan Israel menghancurkan seluruh distrik hingga menjadi debu meskipun ada ancaman Hamas untuk mengeksekusi tawanan untuk setiap serangan ke distrik sipil.

Israel telah bersumpah akan melakukan "balas dendam yang besar" sejak kelompok bersenjata Palestina mengamuk di kota-kotanya, meninggalkan jalan-jalan yang dipenuhi mayat, yang merupakan serangan paling mematikan dalam sejarah Israel.

Mereka telah memanggil ratusan ribu pasukan cadangan dan menempatkan Gaza, yang dihuni 2,3 juta orang, di bawah pengepungan total.

Media Israel mengatakan kematian akibat serangan Hamas pada Sabtu, (7/10/2023) telah mencapai 900 orang, kebanyakan warga sipil ditembak mati di rumah, di jalan-jalan atau di pesta dansa gurun pasir.

Puluhan warga Israel dan beberapa orang asing dibawa ke Gaza sebagai sandera. Beberapa diarak di jalan-jalan.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan serangan balasan Israel telah menewaskan setidaknya 770 orang dan melukai lebih dari 4.000 orang. Serangan udara, yang merupakan serangan terberat yang pernah ada, semakin intensif pada Selasa malam, mengguncang tanah dan menimbulkan asap serta api ke langit pagi.

PBB mengatakan lebih dari 180.000 warga Gaza kehilangan tempat tinggal, banyak di antaranya berkerumun di jalan atau di sekolah. Pengeboman menutup jalan bagi kru darurat.

Di kamar mayat di rumah sakit Khan Younis di Gaza, jenazah dibaringkan di tanah di atas tandu dengan nama tertulis di perut mereka. Petugas medis meminta para kerabat untuk segera mengambil jenazah karena tidak ada lagi ruang untuk jenazah.

Ada banyak korban jiwa di bekas bangunan kota yang dihantam saat digunakan sebagai tempat penampungan darurat.

“Ada banyak sekali orang yang mati syahid, orang-orang masih berada di bawah reruntuhan, beberapa teman menjadi syahid atau terluka,” kata Ala Abu Tair, (35), yang mencari perlindungan di sana bersama keluarganya setelah melarikan diri dari Abassan Al-Kabira di dekat perbatasan. “Tidak ada tempat yang aman di Gaza, seperti yang Anda lihat, serangan terjadi di mana-mana.”

Radwan Abu al-Kass, seorang instruktur tinju dan ayah tiga anak, mengatakan dia adalah salah satu orang terakhir yang mengevakuasi gedung lima lantai di distrik Al Rimal setelah daerah tersebut diserang. Dia akhirnya pergi ketika sebuah rudal menghantam gedung tersebut, yang dihancurkan oleh serangan yang lebih besar setelah dia keluar.

“Seluruh distrik baru saja terhapus,” katanya.

Tiga jurnalis Gaza tewas ketika sebuah rudal Israel menghantam sebuah gedung saat mereka berada di luar untuk meliput, sehingga jumlah jurnalis yang terbunuh menjadi enam. Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB Volker Turk mengatakan warga sipil menjadi korban dalam serangan terhadap blok menara, sekolah dan gedung PBB.

Hukum humaniter internasional sudah jelas: kewajiban untuk selalu berhati-hati untuk menyelamatkan penduduk sipil dan benda-benda sipil tetap berlaku selama serangan terjadi,” katanya.

Di Israel, masih belum ada penghitungan resmi lengkap mengenai korban tewas dan hilang akibat serangan Sabtu. Di kota selatan Be'eri, di mana lebih dari 100 jenazah telah diambil, para sukarelawan yang mengenakan rompi kuning dan masker wajah dengan khidmat membawa korban tewas keluar rumah dengan tandu.

Jejak darah yang panjang dan lebar mengalir di sepanjang lantai sebuah rumah tempat mayat-mayat diseret ke jalan dari dapur yang berlumuran darah dan berserakan dengan perabotan yang terbalik.

“Hal yang paling saya inginkan adalah bangun dari mimpi buruk ini,” kata Elad Hakim, seorang penyintas festival musik di mana Hamas membunuh 260 pengunjung pesta saat fajar. "Semuanya begitu menakjubkan, pesta terbaik yang pernah saya hadiri dalam hidup saya, hingga... dari surga ke neraka, dalam satu detik."

Langkah Israel selanjutnya bisa berupa serangan darat ke Jalur Gaza, wilayah yang ditinggalkannya pada 2005 dan terus diblokade sejak Hamas mengambil alih kekuasaan di sana pada 2007. Pengepungan total yang diumumkan pada Senin, (9/10/2023) bahkan akan menghalangi makanan dan bahan bakar untuk mencapai jalur tersebut.

Israel juga menyerang gerbang perbatasan di satu-satunya penyeberangan dari Gaza ke Mesir. Beberapa jam sebelumnya mereka telah menyarankan warga Gaza untuk melarikan diri ke Mesir, namun kemudian mengeluarkan klarifikasi cepat yang mengatakan bahwa penyeberangan tersebut ditutup.

Para agen Hamas "tidak punya tempat untuk bersembunyi di Gaza", kata Juru Bicara Militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari. “Kami akan menjangkau mereka di mana saja.”

Israel benar-benar lengah akibat serangan pada Sabtu itu sehingga butuh waktu lebih dari dua hari untuk akhirnya menutup tembok penghalang berteknologi tinggi bernilai miliaran dolar, yang dimaksudkan agar tidak bisa ditembus.

Hagari mengatakan pada Selasa pagi bahwa tidak ada infiltrasi baru dari Gaza sejak hari sebelumnya.

Para pemimpin Israel sekarang harus memutuskan apakah akan membatasi pembalasan mereka demi melindungi para sandera. Juru bicara Hamas Abu Ubaida mengeluarkan ancaman pada hari Senin untuk membunuh satu tawanan Israel untuk setiap pemboman Israel terhadap rumah warga sipil tanpa peringatan – dan untuk menyiarkan pembunuhan tersebut.

Serangan pada Sabtu dan pembalasan Israel menggagalkan rencana para diplomat di Timur Tengah pada saat yang genting ketika Israel hampir mencapai kesepakatan untuk menormalisasi hubungan dengan kekuatan Arab terkaya, Arab Saudi.

Negara-negara Barat sangat mendukung Israel. Kota-kota Arab telah menyaksikan demonstrasi jalanan untuk mendukung Palestina. Iran, pendukung Hamas, merayakan serangan tersebut namun membantah berperan langsung dalam serangan tersebut.

“Kami mencium tangan mereka yang merencanakan serangan terhadap rezim Zionis,” kata Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei dalam pidatonya di televisi sambil mengenakan syal Palestina, meskipun dia mengatakan tuduhan bahwa Teheran berada di balik serangan itu adalah salah.

Bentrokan mematikan di perbatasan utara Israel pada Senin menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya front kedua dalam perang tersebut, dimana sekutu utama Iran lainnya di wilayah tersebut, gerakan Hizbullah Lebanon, ikut terlibat dalam konflik tersebut. Dikatakan bahwa pihaknya tidak berada di balik serangan apa pun ke Israel.