Perayaan Tahun Baru 2022 di Negara-Negara Tetangga

Perayaan Tahun Baru 2022 di Negara-Negara Tetangga

KABARINDO, JAKARTA – Meskipun banyak negara memilih untuk tidak merayakan pergantian tahun baru ini secara meriah, beberapa memutuskan untuk tetap memberi hiburan kepada khalayak ramai dengan skala yang lebih kecil.

Posisi garis penanggalan internasional menyebabkan negara-negara di kawasan Asia dan Pasifik menjadi yang pertama memasuki tahun baru.

Selandia Baru adalah salah satu tempat yang memulai tahun baru paling awal.

Meskipun belum ada penyebaran komunitas Omicron di Selandia Baru, pihak berwenang masih ingin mencegah orang banyak berkumpul.

Acara kembang api, yang sebelum pandemi memeriahkan kota-kota di sana, diganti dengan tampilan desain lampu sederhana yang diproyeksikan ke tempat-tempat istimewa di Auckland, termasuk Sky Tower dan Harbour Bridge.

Tetangganya, Australia, sebaliknya, tetap mengadakan perayaan meskipun sedang ada ledakan jumlah kasus Covid.

Saat hitung mundur menuju tengah malam berlangsung di Sydney, acara Welcome to Country yang spektakuler menghiasi pelabuhan sebagai bagian dari kembang api pukul 9 malam sebelumnya.

Namun, meskipun langit di Sydney dan Melbourne cerah, jumlah pengunjung relatif rendah karena kapasitas di tempat pengamatan terbatas dan harus dipesan terlebih dahulu sebelumnya.

Singapura, yang sebelum masa pandemi biasa mengadakan pertunjukkan kembang api mewah nan meriah di Marina Bay, memutuskan untuk mengadakan pertunjukkan serupa dengan skala jauh lebih kecil di 10 kawasan berbeda.

Sementara itu, masyarakat di Jakarta yang mengharap dapat menikmati pergantian tahun di tempat publik terpaksa harus balik arah karena 11 titik yang biasanya populer untuk tempat berkumpul dijadikan kawasan crowd-free-night alias malam bebas kerumunan. Pejalan kaki dan pesepeda yang mengambil swafoto harus bergegas pergi saat petugas keamanan datang menghampiri.

Senada dengan tetangga serumpun, pemerintah Malaysia bahkan secara resmi melarang perayaan tahun baru 2022.

Negara yang sedang didera ujian banjir dan longsor itu mengadakan sholat hajat dan doa bersama di masjid Putra untuk kesejahteraan rakyat dan negara mereka. Perdana Menteri Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob bergabung dengan lebih dari 500 jemaah dalam kegiatan religius itu.

(Foto: PM Malaysia di masjid Putra di malam pergantian tahun - Bernama)

Pertunjukkan kembang api tetap diadakan di Thailand, tepatnya di sungai Chao Praya di Bangkok meskipun jumlah pengunjung tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

***(Sumber dan foto-foto: Stuff.co.nz, ABC News, The Sun Daily, MS News, Times of India, AFP)