Peringati Hubungan Diplomatik ke-40, Indonesia Berharap Terus Jalin Kerja Sama dengan Jamaika

Peringati Hubungan Diplomatik ke-40, Indonesia Berharap Terus Jalin Kerja Sama dengan Jamaika

KABARINDO, JAKARTA - Indonesia dan Jamaika memperingati 40 tahun hubungan diplomatik dengan menyelenggarakan pertemuan virtual pada hari Minggu (19/12/2021).

Acara virtual itu mempertemukan lebih dari 100 orang pebisnis dari Indonesia maupun Jamaika.

Adapun acara tersebut dibuka oleh Menteri Luar Negeri RI Retno L.P Marsudi.

Turut hadi pula Menteri Luar Negeri Jamaika Kamina Johnson-Smith.

Menlu Retno mengatakan bahwa hubungan Indonesia-Jamaika telah terjalin kerja sama yang baik selama 40 tahun belakangan.

"Kegiatan virtual business meeting ini akan membawa kedekatan komunitas bisnis dari Indonesia dan Jamaika untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara," ujar Menlu Retno.

Sementara itu, Menlu Kamina mengatakan bahwa sejak pengukuhan Komisi Bersama Indonesia-Jamaika pada 1996, kedua negara telah menjalin kerja sama di sejumlah bidang, antara lain pertanian, pariwisata, riset dan penelitian.

"Jamaika berharap dapat terus meningkatkan hubungan bilateral terutama di bidang perdagangan dan investasi dengan Indonesia," katanya.

Tak hanya itu, Menlu Kamina juga mengapresiasi  sejumlah biarawan WNI yang menjalankan pelayanannya kepada warga Jamaika melalui Missionaries for the Poor di Kingston. Saat ini, tercatat lebih dari 20 biarawan Indonesia tinggal di negara tersebut.

Jamaika sendiri dianggap sebagai salah satu mitra dagang penting bagi Indonesia terutama di kawasan Karibia. Pasalnya, selama pandemi 2020-2021, perdagangan Indonesia mengalami surplus terhadap Jamaika.

Duta Besar RI untuk Kuba merangkap Jamaika, Nana Yuliana mengungkap bahwa pada 2020, Indonesia mencapai surplus perdagangan sebesar 15,89 juta dolar AS (Rp228 miliar) terhadap Jamaika. Sementara pada periode Januari–September 2021, Indonesia meraih surplus sebesar 11,81 juta dolar AS (Rp169 miliar).

"Semoga ke depannya nilai perdagangan Indonesia-Jamaika terus meningkat dan equal dengan dibantu adanya komitmen yang baik dari Konsul Kehormatan RI dan kerja sama di sejumlah bidang unggulan termasuk olahraga dan pendidikan," ujar Dubes Nana.

Sumber berita: Antara

Foto: Antara