Persiapan SEA Games 2023, Timnas Polo Air Putra Juara Turnamen Di Eropa

Persiapan SEA Games 2023, Timnas Polo Air Putra Juara Turnamen Di Eropa

KABARINDO, JAKARTA - Timnas Indonesia cabang polo air putra berhasil keluar sebagai juara dalam turnamen di Eropa. Dalam babak final Timnas Indonesia mengalahkan Klub Divisi Satu Liga Serbia, VK Beograd 12-11 di turnamen bertajuk VAT Cup atau Vaterpolo Academy Tasmadjan Cup 2023 di Serbia, Minggu 24 April 2023.

Manajer Timnas putra Dean Baldwin menjelaskan, Timnas berlatih di Serbia sejak 4 April 2023. Di akhir uji coba ke Serbia, Timnas mengikuti turnamen yang diikuti klub-klub papan atas Serbia.

Dalam babak penyisihan dibagi dua grup. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama VK Singidunum (Rangking 7, 2nd Division Serbia League) dan Klub VK Palilua (Rangking 5, 2nd Division Serbia League).

Grup A dihuni VK Beograd (Rangking 4 1st Division Serbian League), VK Tas (Champion Serbia 1st Division League) dan VK Crvena Zveda (1/8 finalis Euro Cup).

Dalam babak penyisihan, Ridjkie Mulia dan kawan-kawan mampu memetik dua kemenangan atas VK Palilula dengan skor 19-6 dan di hari kedua menang atas VK Singidunum dengan skor 19-4.

Di babak final, mempertemukan juara Grup B Indonesia melawan juara Grup A, VK Beograd. Babak final berlangsung cukup sengit juga disaksikan Dubes Indonesia untuk Serbia, Mochamad Chandra Widya Yudha.

Di babak pertama, indonesia unggul 4-3, namun di babak kedua kalah 3-4 dan skor imbang 7-7. Babak ketiga masih milik Indonesia yang unggul 9-8. Di babak keempat atau akhir kedua tim sama-sama mencetak tiga gol dan hasil akhir Indonesia menang atas VK Beograd 12-11.

Pemain Indonesia yang mencetak gol adalah Ridjkie Mulia (5 gol), diikuti Brandley Legawa dan Yusuf Budiman yang sama-sama menyumbang dua gol serta tiga pemain mencetak satu gol yakni Reza Auditya, Ahmad Fauzy, Hizkia Bima.

Pelatih Timnas polo air putra, Nikola Milosavlejic berharap try out ini sebagai modal akhir sebelum mempertahankan medali emas SEA Games 2023 Kamboja, Mei mendatang.

"Setelah berlatih lebih dari dua pekan, Tim diuji dalam sebuah turnamen. Ini untuk melihat kemajuan sebagai satu kesatuan tim. Bagaimana menghadapi lawan dan juga tekanan dalam pertandingan. Ada beberapa hal yang di evaluasi. Semoga ini jadi modal berharga jelang tampil di SEA Games 2023 Kamboja," papar Nikola. Foto: Istimewa