Perusahaan Migas Qatar MontD’Or Oil Lakukan Pengeboran 4 Sumur

Perusahaan Migas Qatar MontD’Or Oil Lakukan Pengeboran 4 Sumur

KABARINDO, JAKARTA - Kontraktor Kontra Kerja Sama (KKKS) asal Qatar, MontD’Or Oil Tungkal Limited, mulai lakukan kegiatan pengeboran di Lapangan Mengeopeh, Blok Tungkal, Jambi. Kepala Divisi Eksplorasi SKK Migas, Surya Widyantoro, mengatakan MontD'Or berencana membor empat sumur pengembangan di blok tersebut dan diharapkan rampung pada Mei 2022.

"Pada Lapangan Mengeopeh akan dibor sebanyak dua sumur pengembangan, yaitu sumur MGH-47 dan MGH-D. Kegiatan pemboran kemudian akan dilanjutkan dengan pengeboran dua sumur lagi di Lapangan Pematang Lantih (PLT), yaitu Sumur PLT-12 dan Sumur PLT-13,” kata Surya.

Kegiatan pengeboran pengembangan di Lapangan Mengopeh dan Pematang Latih, katanya, membutuhkan waktu 25 hari operasional untuk setiap sumurnya dengan target tambahan produksi sebesar 145 barel per hari.

Pemerintah telah memberikan perpanjangan masa Kontrak Kerja Sama Gross Split Wilayah Kerja Tungkal selama 20 tahun kepada KKKS MontD'Or Oil Tungkal Ltd. pada November 2018 lalu dan akan berlaku efektif pada 26 Agustus 2022 mendatang

Sementara itu Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, A. Rinto Pudyantoro, mengatakan upaya pengeboran empatsumur baru ini merupakan implementasi dari work, program and budget (WPnB) 2021 dalam rangka memberikan dukungan bagi peningkaran lifting migas.

"Kita mendorong semua KKKS untuk merealisasikan program yang sudah disepakati dalam WPnB untuk melakukan pemboran untuk menjaga lifting migas nasional," kata Rinto.

Lebih lanjut Rinto menambahkan bahwa sampai 10 Desember 2021, dari 444 sumur yang sudah tajak, sebanyak 342 sumur sudah onstream. “Di sisa waktu ini, SKK Migas terus melakukan koordinasi dengan KKKS untuk menyelesaikan target pemboran sumur pengembangan, karena akan memberikan kontribusi pada capaian lifting migas di tahun 2022,” ujar Rinto.

“Selain itu, berbagai langkah sedang dilakukan untuk mendorong keseluruhan sumur yang sudah tajak bisa onstream secepatnya, agar memberikan entry level yang optimal memasuki tahun 2022 sebagai upaya kami agar target lifting tahun 2022 dapat dipenuhi,” tambahnya. (Sumber Foto: Courtesy SKK Migas)