Piala Asia 2023 Qatar: Indonesia Kalah 1-3 oleh Jepang, Irak Hajar Vietnam 3-2

Piala Asia 2023 Qatar:  Indonesia  Kalah 1-3 oleh Jepang, Irak Hajar Vietnam 3-2

KABARINDO, DOHA – Akhirnya Tim Nasional (Timnas) Indonesia harus menerima kenyataan kalah 1-3 dari Jepang, sementara Irak Hajar Vietnam 3-2 di matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023, pada Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Bermain di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Garuda kalah gara-gara dua gol yang dicetak Ayase Ueda di awal babak pertama dan babak kedua.

Lalu gol ketiga Jepang terjadi gara-gara gol bunuh diri Justin Hubner di menit 88. Sedangkan gol Garuda dicetak Sandy Walsh di menit 90+1.

Dengan hasil itu, Jepang memastikan diri lolos ke 16 besar dengan status runner-up Grup D Piala Asia 2023. Jepang menemani Irak yang sudah lolos lebih dulu sebagai juara grup.

Sedangkan Timnas Indonesia yang kalah kini bertengger di peringkat ketiga. Nasib Timnas Indonesia untuk lolos atau tidaknya ke 16 besar kini tergantung hasil laga pamungkas Grup E dan Grup F yang baru akan bermain pada Kamis 25 Januari 2024.

Timnas Indonesia sejak awal laga benar-benar mendapatkan tekanan yang luar biasa dari Jepang. Sejak peluit dibunyikan, mungkin Timnas Indonesia sangat jarang menguasai bola.

Jepang selalu bisa merebut dan menguasai bola lagi. Sementara Timnas Indonesia lebih banyak membuang bola atau kehilangan bola.

Hanya saja, pada menit keempat Jordi Amat melakukan pelanggaran yang tidak perlu kepada Ayase Ueda. Sebab posisi Ayase kala itu tidak terlalu mengancam meski berada di area kotak penalti Timnas Indonesia.

Awalnya pasukan Timnas Indonesia sempat melakukan protes dan wasit memilih mengecek insiden itu lewat VAR. Setelah direview lewat VAR, Jordi Amat benar melakukan pelanggaran dan Jepang pun mendapatkan penalti.

Ayase yang dipercaya mengambil penalti itu berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Ernando Ari yang sejatinya lompat ke arah yang bola gagal menggapainya karena tendangan Ayase terlalu kencang.

Setelah unggul 1-0, Jepang nyatanya terus menekan Timnas Indonesia. Setidaknya 70 persen penguasaan bola dikuasai Jepang.

Jepang mencatatkan enam peluang dan satu shoot on goal. Sedangkan Garuda belum berhasil mencetak peluang.

Memasuki babak kedua, pelatih Timnas Indonesia terlihat belum melakukan pergantian pemain. Begitu juga yang dilakukan juru taktik Jepang, Hajime Moriyasu.

Dengan mempertahankan 11 pemain yang sama, kedua tim pun tampil dengan permainan cepat lagi. Namun, Jepang jelas masih menguasai jalannya pertandingan bahkan mereka langsung menambah gol di menit 52 berkat aksi Ayase Ueda lagi.

Kali ini Ayase Ueda mencetak gol usai meneruskan umpan silang dari Ritsu Doan. Skor 2-0 untuk keunggulan Samurai Biru.

Melihat kondisi itu, Shin Tae-yong langsung memasukkan pemain baru. Ia memainkan Witan Sulaeman yang menggantikan Yakob Sayuri.

Jepang turun memainkan pemain baru seperti Takumi Minamino, Daizen Maeda. Timnas Indonesia juga menarik Egy yang terlihat cedera dan Shin Tae-yong memainkan Elkan Baggott.

Meski begitu, pada akhirnya Timnas Indonesia tetap gagal mencetak gol. Malahan Garuda kalah 0-3 dari Jepang karena gol bunuh diri Justin Hubner di menit 88.

Hasil itu membuat nasib Elkan Baggott cs kini bergantung dengan hasil dari Grup E dan Grup F.

Sementara itu, Kemenangan dramatis berhasil diraih Tim Nasional (Timnas) Irak atas Vietnam yang berlangsung di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Irak tepatnya menang dengan skor tipis 3-2.

Irak bisa dikatakan menang dramatis karena awalnya sempat tertinggal 0-1, lalu ketika sudah unggul 2-1 pun masih bisa disamakan Vietnam 2-2 di menit 90. Hebatnya, pada menit 90+12, Irak kembali mencetak gol yang disumbangkan oleh Aymen Hussein.

Karena itulah kemenangan 3-2 atas Vietnam itu sangat dramatis. Berkat hasil itu juga, Irak lolos dengan sempurna ke 16 besar dengan status juara Grup A selalu menang.

Berikut Daftar Line Up Timnas Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023:

Timnas Indonesia XI (3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner; Sandy Walsh, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick, Egy Maulana Vikri.

Cadangan: Riyandi, Nadeo, Wahyu, Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Ricky Kambuaya, Adam, Marc Klok, Shayne Pattynama, Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Hokky Caraka.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Foto: pssi